Manfaat Parsley Untuk Kesehatan

Manfaat Parsley Untuk Kesehatan

INILAHTASIK.COM | Parsley merupakan tumbuhan yang berasal dari wilayah Mediterania Timur. Banyak sederet nutrisi yang terkandung di dalamnya, kamu mungkin penasaran, manfaat kesehatan seperti apa sih yang diberikan oleh tanaman tersebut? Nah, untuk menjawabnya, yuk simak kumpulan manfaat parsley berikut ini.

1. Andal Mengatur Kadar Gula Darah
Manfaat parsley yang pertama adalah kemampuannya dalam mengatur kadar gula dalam darah. Khasiat peterseli dalam membantu tubuh meningkatkan gula darah berasal dari kandungan antioksidannya yang tinggi.

2. Berguna untuk Menjaga Kesehatan Organ Ginjal
Hal ini disebabkan karena garnish hidangan tersebut memiliki sifat diuretik yang alami, sehingga, mampu membantu ginjal agar tetap sehat.

3. Dapat Menjadi Konsumsi Rutin untuk Mencegah Risiko Penyakit Kanker
Seperti yang kita tahu, kanker merupakan salah satu jenis penyakit paling mematikan di dunia dan ditakuti oleh banyak orang. Oleh karena itu, tak mengherankan jika semua orang pasti tidak ingin menjadi pengidap penyakit tersebut, ataupun sampai menyerang orang terdekatnya. 

4. Mampu Menjaga Kesehatan Jantung
Selain tinggi akan antioksidan dan zat besi, kandungan lainnya pada peterseli yang tak kalah bermanfaatnya bagi kesehatan adalah vitamin B dan asam folat. Kedua kandungan nutrisi tersebut mampu membantu tubuh dalam menjaga kesehatan jantung. Hal ini secara tidak langsung juga turut menurunkan risiko munculnya penyakit kardiovaskular pada orang yang gemar mengonsumsi daun peterseli.

5. Bisa Jadi Obat Alami Mencegah Peradangan
Sebagai manfaat menyehatkan yang kelima, daun parsley dapat menjadi obat alami untuk mencegah dan juga menyembuhkan peradangan atau inflamasi. Peradangan yang disebabkan oleh sakit gigi, gigitan serangga, kulit kasar, ataupun memar bisa diobati dengan menggunakan daun tersebut. Di sisi lain, daun parsley juga bisa dimanfaatkan untuk meringankan inflamasi internal. 

6. Membantu Tingkatkan Sistem Imun Tubuh
Sederet kandungan utama yang dimiliki oleh daun parsley adalah mineral, vitamin, dan juga antioksidan. Kandungan tersebut jika dikombinasikan ternyata mampu memperkuat sistem imun tubuh. Dengan sistem kekebalan yang terjaga, tubuh akan lebih kuat melawan virus dan bakteri agar tak mudah terserang penyakit.

7. Mampu Tingkatkan Kesehatan Tulang
Menjaga kesehatan tulang penting untuk dilakukan karena berkaitan erat dengan pertumbuhan tubuh. Jika asupan nutrisi yang dibutuhkan tulang tak tercukupi, terdapat beragam masalah kesehatan yang mungkin terjadi pada seseorang, beberapa di antaranya adalah osteoporosis dan mengganggu pertumbuhan. 

8. Membuang Semua Racun yang Mengendap dalam Tubuh
Dewasa ini, hampir semua orang tak begitu memerhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsinya setiap hari. Padahal, tak sedikit makanan mengandung zat yang bisa mengendap di dalam tubuh dan menyebabkan berbagai jenis penyakit saat jumlahnya sudah terlalu banyak. Hal inilah yang sering kali membuat kinerja dari organ hati dan ginjal menjadi terlalu berat hingga akhirnya kewalahan untuk mengatasi racun yang tersimpan di dalam tubuh.

9. Lancarkan Pencernaan
Manfaat terakhir yang bisa didapatkan dari rutin mengonsumsi daun parsley adalah memperlancar kinerja organ pencernaan. Bagi kamu yang sering mengalami sembelit atau masalah pencernaan lainnya, mengonsumsi daun parsley ini mungkin bisa menjadi salah satu solusi alami untuk mengatasinya.**

Baca juga: Manfaat Pisang Batu (Kluthuk) Untuk Kesehatan