Buah Pala Obat Masuk Angin

Pala adalah buah yang langka, sebab tanaman dan tumbuhan pala tidak bisa dijumpai di seluruh wilayah Indonesia.

Buah Pala Obat Masuk Angin
Buah Pala | Net

INILAHTASIK.COM | Khasiat buah pala banyak yang tidak diketahui oleh orang. Hal itu dikarenakan pala hanya dikenal sebagai bumbu dan penyedap masakan. Pala adalah jenis rempah-rempah yang ada di Indonesia dan rempah-rempah tersebut hanya memanfaatkan bagian biji buah pala tersebut. Sedangkan daging buahnya sering diabaikan begitu saja.

Pala adalah buah yang langka, sebab tanaman dan tumbuhan pala tidak bisa dijumpai di seluruh wilayah Indonesia. Hanya wilayah-wilayah tertentu saja yang dikenal sebagai wilayah penghasil pala. Meski rempah-rempah pala adalah rempah-rempah yang mudah dijumpai namun buah pala termasuk buah langka.

Kandungannya yang lengkap membuat buah pala memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan. Berikut ini berbagai macam manfaat yang bisa didapatkan dari buah pala :

Menghilangkan Masuk Angin

Masuk angin bisa dihilangkan dengan mengkonsumsi minuman kesehatan dari buah pala. Untuk menghilangkan masuk angin juga bisa meminum rebusan buah pala. Sama hanya dengan manfaat jahe, pala bisa menghangatkan badan dan perut yang kembung karena masuk angin. Hal itu dikeranakan minyak atsiri yang ada dalam buah pala dan jahe sama.

Menghilangkan Insomnia

Insomnia tidak hanya penyakit susah tidur, namun insomnia juga dikaitkan dengan tidur yang tidak berkualitas. Tidur yang tidak berkualitas bisa mempengaruhi kualitas hidup seseorang. Berbagai macam penyakit akan timbul akibat dari tidur tidak berkualitas dan susah tidur. Senyawa kimia yang ada dalam buah pala diyakini bisa menghilangkan insomnia seseorang. Caranya adalah sebelum tidur bisa mengkonsumsi air rebusan pala.

Baca Juga: Durian Diyakini dapat Meningkatkan Gairah Seksual

Menambah Nafsu Makan

Pala bisa membuat nafsu makan menjadi bertambah. Cocok digunakan untuk anak kecil yang susah makan. Enzim lipase yang ada dalam buah pala bermanfaat untuk menambah atau meningkatkan nafsu makan. Khasiat ini diperlukan juga:

  • manfaat daun kenikir
  • manfaat buah elai
  • manfaat udang

Melancarkan Pencernaan

Enzim lipase adalah enzim yang ada di bagian mulut dan lidah seseorang. Dengan bantuan enzim lipase, makanan yang dicerna akan mudah dihaluskan juga mudah dicerna oleh tubuh. Tidak heran jika konsumsi minuman pala sebelum makan besar bisa melancarkan pencernaan di dalam tubuh.

Menghilangkan Muntah

Buah pala juga memiliki sifat antiemetik. Antiemetik tersebut bermanfaat untuk menghilangkan mual dan muntah. Cocok sekali untuk orang yang mudah mabuk kendaraan. Khasiat ini juga terdapat pada:

  • manfaat daun binahong
  • manfaat daun suji
  • manfaat lengkuas