Cegah Stroke dengan Cara Ini

Mengonsumsi makanan bergizi seimbang dapat membantu menurunkan risiko terkena stroke.

Cegah Stroke dengan Cara Ini
Net

INILAHTASIK.COM | Stroke bisa dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat. Selain itu, kenali dan hindari faktor risiko yang ada, serta lakukan pemeriksaan rutin sesuai riwayat penyakit yang diderita untuk menghindari terjadinya kondisi ini.

Berikut ini adalah upaya yang dapat dilakukan:

Menjaga pola makan

Mengonsumsi makanan bergizi seimbang dapat membantu menurunkan risiko terkena stroke. Salah satunya adalah memperbanyak konsumsi sayuran, seperti brokoli, kubis, dan bayam. Selain itu, hindari makanan yang mengandung lemak jenuh dan makanan cepat saji.

Berolahraga secara teratur

Olahraga secara teratur dapat membuat jantung dan sistem peredaran darah bekerja lebih baik. Olahraga juga dapat menjaga kadar kolesterol, berat badan, dan tekanan darah pada tingkat yang normal. Oleh sebab itu, Anda dianjurkan untuk rutin berolahraga minimal 30 menit per hari.

Berhenti merokok

Risiko stroke meningkat dua kali lipat jika seseorang merokok, karena rokok dapat mempersempit pembuluh darah dan membuat darah mudah menggumpal. Berhenti merokok berarti juga mengurangi risiko berbagai masalah kesehatan lainnya, seperti penyakit paru-paru dan jantung.

Menghindari konsumsi minuman beralkohol

Minuman beralkohol mengandung kalori tinggi. Jika dikonsumsi secara berlebihan, minuman ini dapat menimbulkan berbagai penyakit pemicu stroke, seperti diabetes, hipertensi, dan bahkan menyebabkan detak jantung menjadi tidak teratur.

Menghindari penggunaan NAPZA

Beberapa jenis NAPZA, seperti kokain dan methamphetamine, dapat menyebabkan penyempitan arteri dan mengurangi aliran darah sehingga menyebabkan stroke. Oleh sebab itu, untuk menurunkan risiko terkena stroke, hindari penyalahgunaan obat-obatan tersebut.

Beristirahat dan tidur yang cukup

Tidur malam minimal 7–8 jam dan istirahat di siang hari dapat membantu organ tubuh bekerja dengan normal dan menjaga kesehatan jantung. Jika jantung sehat, risiko terkena penyakit, seperti serangan jantung dan stroke, juga akan menurun.

Mengelola stres

Selain menjaga kesehatan fisik, cara mencegah stroke juga bisa dilakukan dengan mengelola stres. Untuk mengelola stres, ada beragam cara yang bisa dilakukan, misalnya mendengarkan musik dan membangun hobi baru guna mengalihkan diri dari pikiran negatif.

Menjalani perawatan medis untuk kondisi yang diderita

Orang yang menderita penyakit, seperti hipertensi, kolesterol tinggi, diabetes, penyakit tiroid, dan penyakit jantung, disarankan untuk menjalani pemeriksaan rutin dan mengonsumsi obat-obatan yang telah diresepkan oleh dokter. Hal tersebut bisa membantu menurunkan risiko terkena stroke.