Iwan Fals Rilis Lagu Tentang Ini di Album Baru

Iwan Fals Rilis Lagu Tentang Ini di Album Baru
Foto: suara.com

INILAHTASIK.COM | Iwan Fals mengeluarkan album barunya yang berjudul Pun Aku bertepatan di hari ulang tahunnya, yakni Jumat 03 September 2021. Pun Aku merupakan album ke-42 dari musisi bernama asli Virgiawan Listanto itu.

Ada 12 lagu yang terdapat dalam Pun Aku, termasuk intro berjudul Pun yang ditulis oleh Lafa Pratomo dan outro berjudul Aku yang ditulis oleh Iwan Fals bersama sang anak dan produsernya, Rambu Cikal.

Lafa dan Cikal memang menjadi produser yang membidani penggarapan album itu.

Salah satu lagu yang masuk dalam album tersebut Bunga Kayu yang ia nyanyikan bersama Rara Sekar (eks Banda Neira, Daramuda Project).

Lagu tersebut merupakan lagu yang ia tulis pada 1995 ketika dirinya tengah cemas menunggu Galang Rambu Anarki, sang anak yang kini telah meninggal dunia, pulang di beranda rumahnya.

"Bunga Kayu itu ditulis jaman reformasi. Jaman-jaman demo. Kan khawatir lihat kakaknya dia (sambil menunjuk Cikal) pergi nggak pulang-pulang. Tapi sebagai orang tua saya nggak bisa berbuat apa-apa, cuman bisa di beranda, menunggu. Kebetulan kakaknya dia eksplor-nya luar biasa juga. saya di belakang rumah, nunggu dia pulang," ujar Iwan Fals dalam sesi berbincang virtual, dilansir dari detikhot, Jumat 03 September 2021.

Bunga Kayu bukan satu-satunya lagu lama yang dirilis oleh Iwan Fals. Ada Sebuah Genteng yang diciptakan pada 2014. Lagu itu ditulis oleh Iwan Fals setelah mendengar pengumuman adanya presiden baru yang terpilih.

Di album, Iwan Fals membawakan Sebuah Genteng bersama dengan NonaRia. Ide untuk mengajak NonaRia berkolaborasi datang Cikal.

Menurut Cikal, nada dari Sebuah Genteng begitu cocok bila dipasangkan dengan warna musik yang diusung oleh trio beranggotakan Nesia Ardi, Nanin Wardhani, dan Yasintha Pattiasina itu.

"Lagunya Papa manggil bgt, 2014. Ada beberapa lagu yang Papa ragu-ragu (untuk keluarkan). (Kata Iwan Fals) 'Papa ada lagu ini'. Itu begitu mulai (didengarkan), aku nggak sampai 10 detik, ini lagunya NonaRia," kata Cikal.

Selain berkolaborasi dengan Rara Sekar dan NonaRia, ada sejumlah nama lainnya yang turut berpartisipasi dalam album milik Iwan Fals, di antaranya Danilla, Nadin Amizah, NonaRia, Sandrayati Fay, Rara Sekar, Maizura, Zara Leola, Shakira Jasmine, Regina Poetiray, Difki Khalif, Rheno Poetiray, dan Stevan Pasaribu.

Menurut Cikal, musisi yang menjadi kolaborator dari album Pun Aku tidak dipilih berdasarkan kriteria tertentu. Dia dan Iwan Fals memang bersepakat untuk mengajak bekerja sama musisi yang memiliki relasi dekat dengan mereka berdua.

"So it happens aja, bukan ini dan itu. Memang sudah satu spider web saja," ungkap Cikal.