Warga Salopa dan BPBD Bersihkan Material Longsor

Warga Salopa dan BPBD Bersihkan Material Longsor

KAB.TASIK, INILAHTASIK. COM | Tebing setinggi 30 meter longsor dan menimpa akses jalan kampung di Desa Karyamandala, Kecamatan Salopa, Kabupaten Tasikmalaya akibat diguyur hujan dengan intensitas tinggi pada Selasa 23 November 2021.

Bahkan, guyuran hujan juga menyebabkan aliran Sungai Cikembang meluap sehingga mengakibatkan jembatan sepanjang 10 meter terputus.

Camat Salopa Fuad Abdul Azis mengatakan, dampak dari longsor tersebut menghambat jalan menuju Kampung Cikembang II.

"Namun tidak menimbulkan korban jiwa dan kampung tersebut tidak terisolir, karena masih ada jalur alternatif menuju Kampung Cikembang II ini, walaupun jarak nya cukup jauh,” terangnya.

Selain tanah longsor, ada jembatan yang terputus tepatnya di Kampung Cikembang I RT 04 / RW 05. Proses evakuasi material longsor, pun dilaksanakan dengan cara gotong royong masyarakat, relawan bencana BPBD, TNI/Polri bersama kecamatan dan Desa.

"Kami bahu membahu membawa perlengkapan peralatan seperti pompa air dan mesin gergaji untuk membersihkan material tanah longsor agar jalan bisa dilalui. Kecamatan Salopa merupakan wilayah yang rawan pergerakan tanah dan longsor seperti di Desa Karyamandala Kecamatan Salopa," pungkasnya.