Giliran Warga Cikatomas yang Swadaya Perbaiki Jalan

Giliran Warga Cikatomas yang Swadaya Perbaiki Jalan

KAB. TASIK, INILAHTASIK.COM |  Belum lama ini, warga masyarakat dengan kompak swadaya jalan rusak milik Pemkab Tasik sepanjang 1,2 kilometer di wilayah Kecamatan Salopa. 

Hal serupa dilakukan warga Cikatomas yang melakukan aksi dengan cara memperbaiki jalan dengan cara swadaya
pada Selasa 23 November 2021.

Warga pun dengan kompak menutup lubang-lubang dengan koral dan mengunakan alat berat kemudian akan diaspal kurang lebih sekitar 2,5 kilometer.

Warga rela mengeluarkan kocek sendiri agar jalan tersebut bisa kembali bagus sehingga para pengendara merasa nyaman melewatinya.

Herman Rusmana Resmawan selaku tokoh masyarakat, menegaskan bahwa kondisi jalannya sangat menghawatirkan dan banyak menimbulkan kecelakaan hingga menyebabkan kerusakan pada kendaraan transportasi.

Para sopir pun mengeluhkan kondisi saat ini sehingga warga mengajukan perbaikan baik legislatif sebagai wakil masyarakat juga kepala daerah hingga jajaran muspika, tapi tidak ditanggapi, dengan alasannya tidak ada dana. 

"Akhirnya kita sepakat, empat tokoh masyarakat dari Kecamatan, Salopa, Cikatomas, Pancatengah dan Cikalong untuk melakukan aksi damai memperbaiki jalan demi kelancaran perjalanan ekonomi masyarakat," jelasnya.

Sementara itu, salah satu tokoh masyarajat, Cecep mengungkapkan, sebetulnya gerakan tersebut spontanitas karena melihat kondisi jalan yang hancur, sehingga jika akan ke Kota Tasikmalaya bisa menghabiskan waktu selama 2,5 jam.

"Sehingga kami bersama-sama peduli untuk sama-sama perbaiki jalan ini,  ternyata banyak respon dari rekan-rekan," ucapnya.

"Dengan adanya aksi ini, masyarakat banyak yang terketuk hatinya, dan mereka siap membantu kebutuhan untuk perbaikan jalan yang memang milik kabupaten tersebut," tuturnya.

Ia menyebut, lubang-lubang jalan yang rusak itu akan ditutup dan hal tersebut diasari rasa kepedulian warga yang melihat kondisi jalan yang semakin hari semakin rusak parah.