Siapkan SDM Terlatih Hadapi Bencana, FK Tagana Gelar Pelatihan

Sejumlah materi mengenai Kebencaan secara umum, Direktori dan Roadmap, Manajemen Pengungsian ( Shelter), serta PPGD, disampaikan dalam kegiatan tersebut.

Siapkan SDM Terlatih Hadapi Bencana, FK Tagana Gelar Pelatihan

KAB.TASIK, INILAH TASIK.COM | Karang Taruna Desa Cintaraja Kecamatan Singaparna menggelar kegiatan pelatihan pemuda tanggap darurat, diikuti oleh 30 peserta, bertempat di aula Desa Cintaraja, Sabtu 18 Juni 2022.

Hadir sebagai pemateri dari Forum Komunikasi Tagana Kabupaten Tasikmalaya. Sejumlah materi mengenai Kebencaan secara umum, Direktori dan Roadmap, Manajemen Pengungsian ( Shelter), serta PPGD, disampaikan dalam kegiatan tersebut.

Ketua FK Tagana Kabupaten Tasikmalaya, Jembar Adisetya mengatakan, semoga kegiatan ini menjadi penyemangat dan dasar bagi Karang Taruna Desa Cintaraja untuk turut serta bergerak dalam aksi kemanusiaan.

Menurutnya, maksud dari kegiatan pelatihan ini adalah untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat dari ancaman bencana dengan cara menyelenggarakan kegiatan penaggulangan bencana berbasis masyarakat melalui pemanfaatan sumberdaya alam dan manusia yang ada di lingkungan setempat.

"Selain itu, kegiatan ini guna memberikan pemahaman dan kesadaran kepada masyarakat tentang kerawanan dan ancaman bencana. Kemudian membentuk jejaring kerja berkaitan dengan kesiapsiagaan bencana berbasis masyarakat," ungkapnya.

Ia menambahkan, ini juga dalam rangka mengorganisisir potensi masyarakat agar terlatih dalam kesiapsiagaan menaggulangi bencana, memberikan kepastian dan kesinambungan terhadap proses kesiapsiagaan bencana berbasis masyarakat.

"Kemudian, ini untuk memperkuat hubungan sosial antar anggota masyarakat, dan mengoptimalkan potensi serta sumberdaya untuk penangulangan bencana," tutupnya.