Paguyuban Putra Salam Meriahkan Tahun Baru Islam Dengan Wayang Golek

Kegiatan ini tiada lain untuk menjaga kelestarian seni tradisi terutama kesenian wayang golek.

Paguyuban Putra Salam Meriahkan Tahun Baru Islam Dengan Wayang Golek

CILACAP, INILAHTASIK.COM | Pagelaran Wayang Golek dalam rangka peringatan tahun baru Islam yang digagas oleh Paguyuban Pemuda Pemudi Putra Salam.

Kegiatan yang digelar di pendopo balai desa panulisan itu, dihadir oleh Kabid DISPERKIMTA, Camat Dayeuhluhur,Kepala Desa,Dalang Kasepuhan,dan warga masyarakat, Sabtu 30 Juli 2022.

Ketua Panitia Pagelaran Wayang Golek Beni Siswanto menyampaikan kegiatan ini tiada lain untuk menjaga kelestarian seni tradisi terutama kesenian wayang golek yang dipandang jarang ada pagelaran dan nyaris punah,oleh karena itu kami malam ini menggelar wayang golek untuk memuaskan dahaga masyarakat yang rindu sekali menonton kesenian wayang golek.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada semua donatur yang telah berperan serta menyukseskan pagelaran wayang golek pada malam hari hingga terselenggara dengan baik dan sukses", tandasnya.

Pagelaran wayang golek kali ini menghadirkan pujaran giri harja 3 dengan dalang Dasam Sunandar Sunarya dari Bandung yang merupakan putra asli dari desa panulisan dengan diiringi oleh gamelan pujaran galih Pakuan dari Desa Panulisan.

Camat Dayeuhluhur Aji Pramono mengucapkan selamat dan apresiasi yang sebesar besarnya kepada panitia yang telah menyelenggarakan kegiatan pagelaran wayang golek, yang merupakan bagian penting dari Bangga Bangun Desa pilar sosial dan budaya. Apalagi kesenian wayang golek merupakan salah satu warisan para leluhur yang ada diwilayah Cilacap bagian Barat yang berbatasan langsung dengan provinsi Jawa barat ucapnya.

"Kami bangga dengan adanya kegiatan nguri nguri budaya tradisi dengan pagelaran wayang golek,yang tentunya sangat baik bagi kelangsungan kesenian tersebut kedepannya,sehingga dengan adanya bagian dari masyarakat  yang masih peduli kepada kesenian Pasundan tentunya akan berdampak baik kedepannya", tandasnya.(DANI)