Bagian Kanan HZ Mulai Dikerjakan, Satpol PP Bantu Sterilkan PKL

capaian progres pekerjaan di Jalur HZ sampai dengan hari kemarin Senin 01 Agustus, sudah mencapai 18,695 persen, dari rencana 8,566 persen.

Bagian Kanan HZ Mulai Dikerjakan, Satpol PP Bantu Sterilkan PKL

KOTA TASIK, INILAHTASIK.COM | Pembangunan pedestrian Jalan HZ Mustofa dan Cihideung terus dikebut pengerjaannya. Di jalur HZ, pelaksana pekerjaan sudah mulai mengerjakan galian drainase pada sisi bagian barat. Sementara untuk jalur Cihideung masih proses pemasangan box culvert pada kedua sisi bahu jalan.

Analis Jalan dan Jembatan pada Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang (DPUTR) Kota Tasikmalaya, Rino Isa Muharam ST, saat dihubungi melalui selulernya, Selasa 02 Agustus 2022, menuturkan, progres pekerjaan di jalur HZ sudah mulai digali untuk saluran drainase pada sisi sebelah barat, atau bagian kanan badan jalan, dan sudah berjalan empat hari.

"Sementara itu, pada sisi bagian kiri jalur HZ proses pekerjaan terus berjalan, saat ini sedang dikerjakan pemasangan kanstin. Sedangkan untuk pekerjaan di jalur Cihideung, masih proses pemasangan box culvert pada kedua sisi bahu jalan," kata Rino.

Ia menyebut, capaian progres pekerjaan di Jalur HZ sampai dengan hari kemarin Senin 01 Agustus, sudah mencapai 18,695 persen, dari rencana 8,566 persen. Terdapat Deviasi hasil pekerjaan plus 10,129 persen.

Seperti halnya HZ, progres pekerjaan di Jalur Cihideung pun menunjukan trend positif. Hingga Senin kemarin (01/08), progres pekerjaan sudah mencapai 21,167 persen dari rencana 8,125 persen. Ini juga sama, terdapat Deviasi hasil pekerjaan sebesar 13,042 persen.

"Jika melihat capaian progres pekerjaan di dua titik tersebut, kami optimis jika pembangunan pedestrian Jalan HZ Mustofa dan Cihideung bisa selesai sesuai dengan waktu yang sudah ditargetkan," jelasnya.

Dilain pihak, Kabid Trantibum, Tranmas, Linmas Satpol PP Kota Tasikmalaya, Budhi Hermawan menuturkan, sejak akhir pekan lalu, pihaknya sudah menyosialisasikan kembali rencana pekerjaan dan upaya sterilisasi pedagang di jalur HZ Mustofa. Merespon ruas jalan bagian kanan jalur tersebut aktivitas fisik mulai dikerjakan. 

"Karena kegiatan fisik sudah berlangsung di dua lajur, otomatis aktivitas di trotoarnya mesti steril. Alhamdulillah mayoritas PKL sudah paham dan kooperatif karena sosialisasi sudah dilakukan sejak Minggu," kata Budhi saat diminta tanggapannya, Selasa 02 Agustus 2022.

Menurutnya, adapun beberapa lapak yang masih terpajang di trotoar HZ Mustofa, dipindahkan oleh petugas lapangan. Bukan diusir, melainkan dibantu untuk pindah menempati lokasi sementara di Jalan Sukawarni. 

"Bukan diusir, apalagi dibongkar ya! Tapi kita bantu pindah, karena sudah ada kesepahaman dan kesepakatan sejak awal, ketika aktivitas fisik berlangsung area proyek mesti steril," terang Budhi.