Komitmen Satuan Lalu Lintas Tingkatkan Pelayanan Berbasis Digital

Sep 26, 2023 - 21:09
Komitmen Satuan Lalu Lintas Tingkatkan Pelayanan Berbasis Digital
Kapolres Tasikmalaya AKBP Suhardi Hery Haryanto (kiri) menyerahkan potongan tumpeng kepada Kasat Lantas AKP Abdhi Hendriyatna (kanan)

INILAHTASIK.COM | Peringati HUT Lantas Bhayangkara ke 68, jajaran Satlantas Polres Tasikmalaya berkomitmen untuk lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Nampak terlihat dari berbagai pelayanan di Satuan Lalu Lintas yang sudah berbasis digital.

Hal ini sesuai dengan tema HUT Lantas Bhayangkara ke 68, yakni modernisasi pelayanan Polantas sebagai pengawal pemilu damai untuk Indonesia maju.

Puncak perayaan HUT Lantas Bhayangkara di lingkungan Polres Tasikmalaya, digelar di Gedung GPW Polres Tasikmalaya, Selasa 26 September 2023.

"Sesuai arahan petunjuk pimpinan, Kakorlantas dan Dirlantas Polda Jawa Barat, berkenaan dengan pelayanan di Bidang Lalu Lintas saat ini sudah menggunakan modernisasi atau digitalisasi," ujar AKP M Abdhi Hendriyatna, Kasat Lantas Polres Tasikmalaya, kepada wartawan, disela kegiatan.

Ia menyebut, salah satunya Samsat Online Nasional (Samolnas), Satpas Online serta Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) yang sudah berbasis kamera, sehingga seluruh kegiatan rangkaian pelayanan lalu lintas kini berbasis 5.0 atau digitalisasi.

Pihaknya menggunakan data best atau Big Data, sebagai acuan dalam proses registrasi dan identifikasi, serta identifikasi kendaraan bermotor dalam penindakan pelanggaran di jalan raya, khusus yang tertangkap kamera ETLE maupun kamera HP setiap anggota Satlantas.

"Kedepannya, untuk lalu lintas dalam hal pelayanan maupun penindakan pelanggaran jalanan, seluruhnya sudah berbasis digitalisasi," jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, sejumlah anggota Satlantas berprestasi serta kinerja baik dalam bertugas mendapat penghargaan.

Tak hanya itu, Satlantas Polres Tasikmalaya juga memberikan penghargaan kepada Pokja Jurnalis Polres Tasikmalaya atas peran serta dalam membantu pemberitaan kegiatan atau penyebarluasan informasi terkait Satlantas Polres Tasikmalaya sehingga mudah diakses masyarakat.

Selain itu, diberikan pula tropi, serta uang pembinaan terhadap sejumlah PKS (Patroli Keamanan Sekolah) jenjang SMP dan SMA yang telah memenangkan perlombaan dalam rangka HUT Lantas Bhayangkara, yang digagas Satlantas Polres Tasikmalaya.

Ketua Pokja Jurnalis Polres Tasikmalaya, Deden Rahadian mengapresiasi, peran dan kinerja Satlantas selama ini yang telah siap sedia dalam berbagai situasi, kondisi, melayani, mengayomi dan mengabdi pada masyarakat.

"Semoga kedepannya, kemitraan antara Pokja Jurnalis dengan Satlantas dan seluruh Satuan di Polres Tasikmalaya kian terjalin erat," harap Deden. 

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow