Curug Cinunjang Pikat Wisatawan Lokal

Curug Cinunjang Pikat Wisatawan Lokal

KAB. TASIK, INILAHTASIK.COM | Potensi alam merupakan seluruh kenampakan alam beserta sumber daya alam yang terdapat di suatu daerah. Di masa pandemi saat ini, banyak wisatawan lokal yang berkunjung ke tempat-tempat suasana yang masih terbilang asri, dan bisa menghirup udara segar.

Salah satu contohnya yang terdapat di Desa Mandalamekar, Kecamatan Jatiwaras, Kabupaten Tasikmalaya, diantaranya Curug Sawer, Curug amoh, Curug Jawa dan Curug Cinunjang.

Dari beberapa wisata alam curug tersebut, masing-masing mempunyai dayatarik tersendiri. Seperti curug yang ada di kampung Cinunjang. Curug dengan ketinggian 30 meter tersebut bisa membuat para wisatawan takjub akan keindahannya. Selain airnya bersih, juga suasannya alamnya yang terbilang masih perawan.

Kepala Desa Mandalamekar Alfie Akhmad Hariri, SE. SH. MH, mengatakan bahwa di desanya banyak potensi alam yang bisa digali. Selain ada beberapa curug yang indah dan bersih airnya, ada juga beberapa goa dan hutan yang kedepannya akan dikembangkan menjadi wisata argo.

Ia menambahkan saat ini sedang fokus terhadap curug yang sudah menjadi ikon dan dikenal luas oleh masyarakat, yaitu Curug Sawer dan Curug Cinunjang.

Saat ini, lanjut Alfie, masih ada beberapa kendala untuk pengembangan destinasi wisata alam tersebut, diantaranya yaitu sarana dan prasana, tapi pihaknya sudah mencoba untuk swadaya masyarakat dimana titik titik menuju tempat wisata untuk membenahi akses jalan-jalan tersebut.

Sementara itu, Dedi salah satu pengunjung mengatakan, curug tersebut cukup bagus, suasananya pun masih asri dan udaranya sangat segar. Namun diakuinya, sarana dan prasarana masih belum tertata.

“Kami berharap kepada pemerintah desa maupun Kabupaten Tasikmalaya agar secepatnya menanta agar kedepannya Curug Cinunjang menjadi ramai para wisatawan lokal maupun nasional,” tandasnya.