Cara Aman Mengatasi Masuk Angin

Masuk angin adalah suatu kumpulan gejala ketika tubuh tidak bersahabat untuk beraktivitas.

Cara Aman Mengatasi Masuk Angin
Net

INILAHTASIK.COM | Cara mengatasi masuk angin pada dasarnya sama seperti perawatan untuk demam, perut kembung, diare, hingga nyeri otot. Namun, perlu Anda ketahui bahwa masuk angin tidak dikenal dalam dunia medis medis, istilah ini sering digunakan masyarakat Indonesia untuk menggambarkan kondisi tidak enak badan usai terpapar oleh suhu dingin.

Cara Mengatasi Masuk Angin yang Aman

Masuk angin adalah suatu kumpulan gejala ketika tubuh tidak bersahabat untuk beraktivitas. Meski istilah masuk angin sudah lama dikenal, istilah ini tidak dikenal dalam dunia medis.

Pada umumnya, ciri seorang yang masuk angin adalah badan terasa tidak enak, sakit kepala, kedinginan, nafsu makan menurun, dan kelelahan. Bagi masyarakat Indonesia, cara yang cukup populer untuk mengatasi masuk angin adalah kerokan.

Baca Juga: Obati Bisul dengan Cara Ini

Meskipun masuk angin tidak diakui di dunia kedokteran, namun kerokan diteliti memiliki efek pada tubuh menghasilkan hormon endorfin, yaitu hormon yang memberikan kebahagiaan dan memberikan imunitas pada tubuh.  Cara lain yang bisa Anda coba untuk mengatasi kondisi tidak enak badan ini, di antaranya:

Meningkatkan Asupan Cairan

Saat tubuh mengalami demam, tubuh perlu menggunakan lebih banyak air untuk mengimbangi peningkatan suhu tubuh. Dampaknya, hal ini dapat menyebabkan dehidrasi. Mengonsumsi air putih atau minuman elektrolit untuk membantu rehidrasi tubuh.

Istirahat

Istirahat adalah cara mengatasi masuk angin lainnya yang mudah untuk dilakukan. Dalam melawan infeksi, tubuh membutuhkan banyak energi. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk beristirahat sebanyak mungkin untuk membantu tubuh pulih lebih cepat.

Mandi dengan Air Hangat

Orang yang masuk angin sering kali merasa kedinginan dan sering kali enggan untuk mandi dengan air dingin. Jika Anda tetap mandi menggunakan air dingin, hal itu dapat menyebabkan menggigil. Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan air hangat untuk memberikan kenyamanan pada tubuh. Mandi juga dapat menenangkan otot yang lelah.

Konsumsi Obat

Meski istilah masuk angin tidak dikenal dalam dunia medis, Anda bisa menggunakan cara mengatasi masuk angin dengan bantuan medis. Beberapa obat tanpa resep yang dijual dapat membantu mengurangi demam dan membuat tubuh lebih nyaman.