BPBD Kota Tasik Mobile Patroli Cuaca Ekstrim

Salah satu faktor banyaknya pohon tumbang akibat dari kurangnya perawatan atau tak terawat dengan baik.

BPBD Kota Tasik Mobile Patroli Cuaca Ekstrim

KOTA TASIK, INIKAHTASIK.COM | Cuaca ekstrim terjadi di wilayah Kota Tasikmalaya. Hujan deras dengan intensitas tinggi disertai angin puting beliung pada Selasa 25 Januari 2022 mengakibatkan banyak pohon tumbang.

Kepala BPBD Kota Tasikmalaya, Ucu Anwarl, mengatakan hujan yang mengguyur sejak pukul 12.15 WIB tersebut disertai dengan butiran es.

“Kita dapat laporan ada 31 pohon tumbang, dan juga belasan rumah serta sarana ibadah dan pondok pesantren tertimpa pohon juga tersapu angin puting beliung,” ucapnya.

Kejadian tersebut tidak memakan korban jiwa, namun kerugian materi cukup banyak.

“Sekarang sedang proses asesmen oleh rekan-rekan kami di lapangan,” tutur Ucu.

Ia menyebut, hujan angin terjadi hampir di seluruh wilayah Kota Tasikmalaya dan beberapa ruas jalan nasional terkenan dampak hingga menumbulkan kemacetan yang signifikan.

“Sehingga kami dengan Satlantas dan Satpol PP bekerjasama bersinergi dalam rangka memberikan layanan terbaik untuk warga Kota Tasikmalaya. Sedikitnya ada tiga kecamatan yang terparah akibat hujan disertai angin itu diantaranya, Kecamatan Cipedes, Indihiang dan Mangkubumi,” jelasnya.

Ucu mengunkapkan, penyebab banyaknya pohon tumbang menjadi salah satu faktor dari tidak terawatnya kondisi pohon serta semakin tuanya usia pohon sehingga memungkinkan terjadinya potensi tumbang di kala hujan dan angin melanda.

Kini, BPBD pun terus melakukan mitigasi di setiap hujan dan selalu melakukan patroli bersama.