4 Manfaat Lada Hitam bagi Kesehatan Tubuh

Lada hitam mengandung piperin atau alkaloid alami yang berperan dalam memberikan rasa pedas.

4 Manfaat Lada Hitam bagi Kesehatan Tubuh
Net

INILAHTASIK.COM | Lada hitam (Piper nigrum), buah yang berasal dari hutan tropis di India. Rempah tersebut dapat berfungsi sebagai pengawet dan penambah rasa untuk makanan.

Banyak orang mengetahui manfaat lada hitam sebagai bumbu masakan yang memberi rasa pedas dan hangat. Namun, tak banyak yang tahu bahwa lada hitam juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Beragam Manfaat Lada Hitam untuk Kesehatan:

Meredakan rasa sakit

Lada hitam kaya akan piperin dan diketahui memiliki sifat antiradang dan antinyeri alami. Manfaatnya bisa digunakan untuk mengatasi keluhan tertentu, seperti nyeri otot, sakit gigi, sakit perut, dan sakit kepala.

Menjaga kesehatan saluran pencernaan

Kandungan antioksidan, antiradang, dan antibakteri pada lada hitam bermanfaat untuk melindungi sel-sel di saluran cerna serta menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Baca Juga: 5 Manfaat Daun Serai untuk Kesehatan Tubuh

Lada hitam juga diketahui dapat membantu melemaskan dinding otot di usus, sehingga bisa mengatasi nyeri perut dan perut kembung akibat penumpukan gas di usus.

Mengontrol kadar gula darah

Zat piperin dan antioksidan pada lada hitam juga disebut mampu meningkatkan kemampuan hormon insulin dalam mengontrol kadar gula di aliran darah. Manfaat ini baik untuk membantu para penderita penyakit diabetes tipe 2 menjaga kadar gula darahnya tetap stabil.

Menjaga kesehatan otak

Lada hitam juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan otak dengan cara meningkatkan memori dan fungsi otak. Kesehatan otak yang terjaga dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit Alzheimer dan penyakit Parkinson. Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan efektivitasnya.