Ngobrol Pintar (Ngopi) Bareng Erix Soekamti Kembangkan Wisata Dayeuhluhur

Bagaimana potensi yang dikembangkan dapat memberikan kontribusi bagi ekonomi masyarakat.

Ngobrol Pintar (Ngopi) Bareng Erix Soekamti Kembangkan Wisata Dayeuhluhur

CILACAP, INILAHTASIK.COM | Dayeuhluhur merupakan salah satu wilayah paling barat di kabupaten cilacap yang berbatasan langsung dengan provinsi jawabarat, dimana wilayah kecamatan dayeuhluhur sangat kental dengan budaya sunda dan merupakan daerah pegunungan dengan nuansa alam yang eksotik.

Sehingga banyak sekali spot-spot indah sebagai daya tarik, namun pengembangan wisata tersebut tidak semudah membalikan telapak tangan, perlu penanganan tangan yang inovatif sehingga mampu mengembangkan potensi tersebut ke arah peningkatan ekonomi masyarakat.

Bertempat di Pendopo kecamatan dayeuhluhur, acara ngopi pintar dan ngopi bareng Erix Soekamti dengan dengan mengangkat tema "Pengembangan Wisata Dayeuhluhur", Selasa 31 Mei 2022.

Hadir dalam acara tersebut, Erix Soekamti sebagai narasumber, Disporapar Cilacap, Bappeda, Camat Dayeuhluhur, Pokdarwis, Kepala Desa Sekecamatan Dayeuhluhur, Tokoh Masyarakat dan Seni budaya.

Erix Soekamti sebagai narasumber menjelaskan, bahwa desa wisata bukanlah sekedar mengembangan wisata di suatu desa.

"Tetapi juga bagaimana potensi yang dikembangkan itu dapat memberikan kontribusi bagi ekonomi masyarakat,  mampu mensinergikan pengembangan potensi wisata di satu desa dengan desa yang lain. Identifikasi potensi wisata menjadi langkah awal pengembangan desa wisata yang nantikan akan dilanjutkan pada tahap penggalian potensi yang ada," ungkapnya.

Disela kegiatan acara, Aji Pramono, S.STP.MM juga berharap dengan adanya kegiatan ngopi pintar ini, bisa menginsfirasi para kepala desa untuk membuka pikiran terkait wisata yang ada di kecamatan dayeuhluhur,

"Kita berharap, setidaknya mereka kedepan selaku pemangku kebijakan punya konsep untuk membangun wisata yang ada di kecamatan dayeuhluhur dan bisa merubah mainset para kepala desa," jelasnya.

Kedepan tidak akan berakhir disini, akan ada tindak lanjut dari kegiatan hari ini, dengan teknis bicara masalah pariwisata,

"Tindak lanjutnya agar masyarakat dayeuhluhur mau bangkit terkait dengan wisata dengan dukungan penuh dari element yang ada di wilayah kecamatan dayeuhluhur dapat bersatu bahu membahu untuk berkembangnya wisata yang ada di kecamatan dayeuhluhur," pungkasnya.(DANI)