Johan J Anwari Dorong Lahan Cabai Jadi Pariwisata Pertanian

Kedatangan Johan ke Ciamis untuk melihat salah satu sekolah praktek kerja yaitu siswa SMKN 1 Cipaku Ciamis jurusan bidang pertanian.

Johan J Anwari Dorong Lahan Cabai Jadi Pariwisata Pertanian

KAB. CIAMIS, INILAHTASIK.COM | Anggota DPRD Komisi V Provinsi Jawa Barat, Johan J Anwari, sangat mengapresiasi para petani cabai kriting yang berada di Desa Batu Lawang, Kecamatan Batu Lawang, Kabupaten Ciamis.

Kedatangannya ke Ciamis untuk melihat salah satu sekolah praktek kerja yaitu siswa SMKN 1 Cipaku Ciamis jurusan bidang pertanian.

Ia mengatakan, lahan tanaman cabai di wilayah tersebut sangat potensial untuk dijadikan laboratorium sekolah.

Kedepan, lanjutnya, perkebunan tersebut akan dipadukan menjadi sebuah kawasan industri pertanian, laboratorium pertanian serta membuat pariwisata pertanian, sehingga nantinya lahan tersebut bermanfaat untuk semua.

"Selain untuk bisnis, lahan ini juga sangat berguna bagi anak-anak sekolah untuk praktek, karena ini adalah ilmu untuk pendidikan yang sangat penting, sehingga lahan ini akan menjadi laboratorium langsung yang nantinya ketika mereka lulus sudah mempunyai dasar serta bekal untuk mencari kehidupannya, bukan hanya di bangku sekolah saja, tapi secara langsung dari lapangan,” tegasnya.

Sementara itu, Petani Cabai Kriting, Aan Gandara menyebut secara kebetulan hari ini ada kunjungan dari  SMKN 1 Batu Lawang bersama kepala sekolah beserta guru-guru untuk praktek cara memanen cabai kriting di lahan tersebut.

Ia menambahkan, dari cara praktek di lapangan, anak-anak langsung diberikan pemahaman terlebih dahulu agar tidak salah dalam memetik cabai tersebut.

Selain itu, katanya, agar tidak terjadi kesalahan dalam cara memetiknya, disamping bisa langsung menambah wawasan dan juga pelajaran yang didapatkan secara langsung oleh petani cabai.