Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Kab. Ciamis Gelar Sosialisasi dan Bimtek

Kegiatan itu dilaksanakan guna membahas tentang kegiatan fasilitas kemudahan perizinan usaha mikro dan mengambil tema ‘Sosialisasi dan Bimtek/Pelatihan Legalitas Keamanan Pangan’.

Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Kab. Ciamis Gelar Sosialisasi dan Bimtek

CIAMIS, INILAHTASIK.COM | Dinas Koprasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan Kabupaten Ciamis menggelar Sosialisasi dan Bimtek kepada UMKM di Hotel Budi Family Ciamis pada Jumat 8 Oktober 2021.

 Kegiatan itu dilaksanakan guna membahas tentang kegiatan fasilitas kemudahan perizinan usaha mikro dan mengambil tema ‘Sosialisasi dan Bimtek/Pelatihan Legalitas Keamanan Pangan’. Acara tersebut di hadiri lebih dari 30 peserta UMKM di wilayah Ciamis.

 Dalam acara tersebut dihadirkan dua nara sumber Dari Dinas Penanaman Modal dan PTSP Abdul Rohman Dikdik Permana dan Dinas Kesehatan H. Ii Sumarni S.KM M.KM

 Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perdaganan Ciamis, David Firdha, SH., MM, dalam sambutannya menyampaikan bahwa, pelaku usaha secara nasional mayoritas didominasi oleh usaha mikro.

“Berdasarkan data BPS, jumlah pelaku UKM di Indonesia sebanyak 64,2 jutta atau 99.99% dari jumlah pelaku usaha di Indonesia,” paparnya.

 Selain itu, menurut Kementrian Koprasi dan UKM, daya serap tenaga kerja UMKM dapat di katakan tinggi karena dapat menyerap sehinga 119 juta pekerja atau 97 % dari daya serap tenaga dunia usaha.

 "Sedangkan di kabupaten Ciamis berdasarkan data badan Pusat Statistik jumlah pelaku usaha Micro dan Kecil tercatat 86,4 ribu dan mampu menyerap tenaga kerja hingga mencapai 249,6 ribu atau 94 % dari daya serap tenaga kerja dunia usaha," tambah David.

 Dia berharap dengan adanya bimbingan teknis hari ini, para pelaku usaha yang belum mempunyai NIB atau NIB yang belum bermigrasi dalam OSS, RBA.

“Dengan bekal NIB yang di peroleh diharapkan bisa lebih mengembangkan usahanya dan mampu mendorong meningkatkan omset penjualannya," pungkasnya.

Baca juga: Hari Krida Pertanian ke-49 di Kecamatan Kawali Meriah