Butuh Uluran Tangan, Kondisi Haerudin Memprihatinkan

Butuh Uluran Tangan, Kondisi Haerudin Memprihatinkan

KOTA TASIK, INILAHTASIK.COM | Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Tasikmalaya bersama dengan Surveilans UPTD Puskesmas Mangkubumi, bergerak cepat mendatangi rumah seorang warga lansia di Kelurahan Cigantang Kecamatan Mangkubumi, Rabu 28 Juli 2021.

Menurut informasi, lansia tersebut tengah terbaring sakit, dan kondisinya cukup memprihatinkan, ditambah kondisi ekonominya yang serba kekurangan.

Perwakilan BAZNAS Kota Tasikmalaya, Ryan Aryana, SE, mengatakan, pihaknya mendapati informasi adanya seorang lansia yang tengah terbaring sakit, ia diketahui bernama Haerudin (78) warga Nanggela RT 01 RW 06 Kelurahan Cigantang Kecamatan Mangkubumi Kota Tasikmalaya.

"Saat tiba di rumahnya, cukup miris melihat kondisi pasien yang tengah terbaring sakit. Beliau ini merupakan tulang punggung keluarga, kesehariannya bekerja sebagai pemulung. Tadi petugas dari puskesmas langsung melakukan pemeriksaan kondisi kesehatan pak Haerudin,” ucapnya.

Hal senada disampaikan Surveilans Puskesmas Mangkubumi, Asep Budi Mulyana bahwa ia  langsung melakukan pemeriksaan secara detail, berdasarkan hasil pemeriksaan organ vital hasilnya cukup bagus.

Menurut keterangan pihak keluarga, pasien menderita batuk sejak satu bulan lalu. “Kita beri obat untuk empat hari kedepan, dan kami minta pihak keluarga setelah 4 hari, pasien agar di bawa ke Puskesmas Mangkubumi untuk pemeriksaan kesehatan paru-parunya,” ungkapmya.

Saat melakukan pemeriksaan awal di rumah, kata Asep, kondisi pasien cukup miris, dan tampak tidur di atas kasur yang lembab, dan di kamar yang kurang ventilasi.

“Untuk itu kami minta ke pihak keluarga agar pasien dipindahkan tidurnya. Selain itu, kondisi rumah pasien juga cukup memprihatinkan, dan butuh uluran tangan para aghnia. Kita juga minta ke pihak Baznas, supaya diprioritaskan bantuan alas tidur dan pispot Pak Haerudin,” tandasnya. (Pid)