Tips Memulai Bisnis Pakaian dengan Modal Kecil

Tips Memulai Bisnis Pakaian dengan Modal Kecil

INILAHTASIK.COM | Salah satu jenis bisnis yang paling menjanjikan dan selalu memiliki daya tarik tersendiri bagi banyak orang adalah jenis bisnis pakaian. Bisnis ini memang tidak akan sepi pembeli, tapi hal itu berbanding lurus dengan jumlah pebisnis yang sama karena melihat peluangnya.

Menjadi seorang newbie di dunia bisnis pakaian tidak perlu memikirkan banyak kekhawatiran dan ketatnya persaingan, kita bisa sukses dalam bisnis dengan membuat perencanaan bisnis yang baik dan bisa menjalankannya dengan cerdas.

Berikut adalah tahap-tahap yang bisa dilakukan untuk menjalankan bisnis di sektor pakaian.

1. Mengawali Bisnis dengan Menjadi Seorang Reseller/Dropshipper
Banyak orang yang selalu beranggapan bahwa modal adalah penghambat terbesar di dalam membangun sebuah bisnis. Hal tersebut bisa saja benar, namun tidak sepenuhnya benar karena ada banyak pilihan yang dapat anda ambil untuk mengatasi masalah keterbatasan modal tersebut dan salah satunya adalah dengan menjadi seorang reseller atau dropshipper pakaian.

2. Mulai Membuat Toko Sendiri
Setelah modal yang kita miliki kira-kira mencukupi untuk sebuah usaha bisnis nyata, maka langkah selanjutnya yang harus kita lakukan adalah membuka sebuah toko dan membuat stok pakaian sendiri di sana. Dalam tahap ini, pemasaran melalui media online masih harus tetap dijalankan, namun bedanya kita sudah akan memiliki stok barang dan toko fisik sendiri. Kita akan membutuhkan setidaknya satu orang karyawan dalam operasional karena dalam tahap ini kita sudah akan menangani penerimaan pesanan, pengadaan dan bahkan pengiriman barang kepada konsumen.

3. Mulai Produksi Sendiri
Sebagai pebisnis yang selalu berkembang, kita tentu saja ingin naik level dan mempelajari setiap hal yang berhubungan dengan bisnis yang kita lakukan. Setelah mempelajari secara detail mengenai pengadaan bahan, tahapan produksi, pengelolaan stok barang dan keuangan serta sistem pemasaran yang baik, maka tahap selanjutnya yang bisa kita lakukan adalah melakukan produksi sendiri. Tahap ini akan menjanjikan keuntungan yang lebih besar dan tentu saja dibarengi dengan resiko bisnis yang lebih besar pula, karena itu pastikan kita telah dalam keadaan benar-benar siap saat mengambil keputusan untuk melakukan hal ini.

4. Merintis Sistem Kemitraan
Pada tahap ini kita sudah dapat bernafas sedikit lega karena saat mulai berada di posisi ini, maka bisnis yang kita lakoni telah melampaui tahap produksi sendiri. Itu sebuah pencapaian yang patut diacungi jempol, mengingat kita memulainya nyaris tanpa modal.

Baca juga:  Tips Bisnis Sembako dengan Modal Kecil