Wabup Cilacap Resmikan Pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap II TA. 2022 Kodim 0703/Cilacap 

Program TMMD telah menjadi bagian dari cara merawat dan mengikat kebersamaan serta kegotong-royongan untuk mengatasi persoalan-persoalan kebangsaan.

Wabup Cilacap Resmikan Pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap II TA. 2022 Kodim 0703/Cilacap 

CILACAP, INILAHTASIK.COM | Program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap II Tahun Anggaran 2022 secara resmi dibuka, Selasa 26 Juli 2022.

Dalam upacara pembukaan tersebut Wakil Bupati Syamsul Auliya Rachman bertindak sebagai Inspektur Upacara, yang digelar di lapangan Gelora Karya Bhakti Desa Hanum, Kecamatan Dayeuhluhur, Kabupaten Cilacap.

Acara tersebut turut dihadiri oleh Dandim 0703/Cilacap bersama unsur Forkopimda Kabupaten Cilacap, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades) Kabupaten Cilacap, Camat Dayaeuhluhur beserta Forkopimcam, Kepala Desa se-Kecamatan Dayeuhluhur, tokoh agama, dan tokoh masyarakat.

Pembukaan TMMD Sengkuyung II ditandai dengan penandatanganan dan penyerahan Berita Acara Serah Terima Program TMMD dari Wakil Bupati kepada Dandim 0703/Cilacap, serta penyerahan peralatan kerja kepada perwakilan anggota TNI, Linmas.

Kegiatan TMMD Sengkuyung II akan dilaksanakan di Dusun Cisagu, Desa Hanum Kecamatan Dayeuhluhur, Kabupaten Cilacap selama tiga puluh hari terhitung mulai tanggal 26 Juli 2022.

Sasaran kegiatan fisik pada kegiatan ini yakni pembangunan makadam jalan sepanjang 1.715 meter dengan lebar 3 meter. Pembangunan talud sepanjang 288,6 meter, pembangunan gorong-gorong 7 unit, dan rehab MCK umum 1 unit. Sedangkan sasaran pendukung berupa rehab 6 unit RTLH.

Untuk kegiatan non fisik antara lain pelayanan pengobatan gratis, pelatihan pengarsipan, pelayanan KB, perekaman KTP elektronik, dan pembuatan akte kelahiran gratis. Kemudian penyuluhan bela negara dan bahaya narkoba, pelatihan service alat rumah tangga dan pengolahan industri kecil, serta sosialisasi Perda dan tramtibummas.

Gubernur Jawa Tengah, dalam sambutan yang dibacakan Wakil Bupati menjelaskan, program TMMD telah menjadi bagian dari cara merawat dan mengikat kebersamaan serta kegotong-royongan untuk mengatasi persoalan-persoalan kebangsaan.

“Karena mengatasi kemiskinan dan pengangguran, memberantas narkoba, memperkuat semangat nasionalisme dan patriotisme tidak mungkin hanya mengandalkan peran pemerintah pusat saja, TNI Polri saja. Semuanya mesti keroyokan dan bersinergi bersama rakyat menyelesaikan berbagai persoalan tersebut,” jelasnya.

Disini juga Wakil Bupati mengucapkan apresiasi dan terimaksih yang setinggi-tingginya kepada Kodim 0703/Cilacap dalam hal ini melaksanakan TMMD di Desa Hanum, tentunya ini adalah suatu wujud kemanunggalan, kebersamaan antara TNI bersama masyarakat. Harapannya adalah antara TNI dan masyarakat bisa untuk membantu percepatan pembangunan.

Kemudian Dandim 0703/Cilacap Letkol Inf Andi Afandi menerangkan, bahwa untuk fisik non fisik ini beragam.

"Untuk fisik non fisik disini perlu adanya akselerasi, karena untuk mencapai ini semua tidak bisa dijalankan oleh satu komponen atau element saja. Kita perlu kegotong royongan mulai dari TNI, POLRI, Pemerintah dan juga Masyarakat. Dan yang paling penting dalam pelaksanaan TMMD ini adalah sumber, evaluasi dan pembelajaran," tegasnya.

Selain itu, Dandim 0703/Cilacap juga menambahkan bahwa setelah dilaksanakan di desa Hanum selanjutnya akan ada pelaksanaan TMMD Reguler mewakili Kodam IV Diponegoro. Kegiatan ini rencananya dilaksanakan di bulan Oktober-November di Kecamatan Bantarsari. Menurut Dandim kegiatan ini akan menjadi episentrum yang akan ditinjau langsung baik oleh TNI AD, Pusterad maupun dari Mabes TNI.(DANI)