Tetapkan KPM BLT DD Tahun 2022, Desa Bolang Laksanakan MUSDESUS

Musyawarah Desa  Khusus (MUSDESUS), terkait penetapan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) yang mengacu pada Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 104 Tahun 2021.

Tetapkan KPM BLT DD Tahun 2022, Desa Bolang Laksanakan MUSDESUS

CILACAP, INILAHTASIK.COM |  Pemerintah Desa Bolang, Kecamatan Dayeuhluhur, Kabupaten Cilacap menggelar acara Musyawarah Desa  Khusus (MUSDESUS), terkait penetapan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) yang mengacu pada Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 104 Tahun 2021 tentang rincian Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun anggaran 2022, di Pendopo Balai Desa Bolang, Kamis 20 Januari 2022.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Desa Bolang beserta jajarannya, Ketua Badan Pengawas Desa (BPD) beserta anggota, Ketua RT, Ketua RW, dan Kepala Dusun sedesa Bolang.

Saat di wawancari, Kepala Desa Bolang, Rukmana, menegaskan,"Bahwa tugas kita adalah mengawal calon penerima bantuan secara tepat. Akan tetapi bantuan sosial selalu menjadi isu yang sensitif bagi siapapun. Dan kadang masyarakat sering memberikan tanggapan dan kritik mengenai hal tersebut tanpa memahami bahwa proses ini ada aturannya,"

"Dan untuk sasarannya Calon Penerima manfaat Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD), harus mempunyai beberapa kriteria antara lain, keluarga miskin, bukan penerima PKH, bukan Penerima bansos tunai (BST) dan bukan penerima bantuan pangan non tunai (BNPT)," tegasnya.

Dari hasil Musyawarah Tersebut, Kepala Desa menetapkan bahwa penetapan BLT-DD pada 87 KPM dari 6 Dusun yang tersebar di 19 RT, yang masing-masing KPM menerima sebesar Rp 300 Ribu /bulan. Nilai tersebut diambil dari Dana Desa (DD) sesuai dengan pagu sebesar 40 persen yang mengacu pada Perpres Nomor 104 Tahun 2021 tentang rincian anggaran APBN tahun anggaran 2022.

Diharapkan dengan program BLT Dana Desa dapat meminimalkan dampak ekonomi bagi masyarakat desa yang diakibatkan oleh kondisi pandemi COVID 19.(DANI)*