Ternak Domba Taruna Tani Kampung Salapan 'Mantap'

Sejak kurang lebih tiga bulan lalu menerima bantuan, sampai saat ini hewan ternak yang dikelola Poktan Taruna Tani menunjukan perkembangan yang berarti.

Ternak Domba Taruna Tani Kampung Salapan 'Mantap'

KOTA TASIK, INILAHTASIK.COM | Dari sekian banyak Kelompok Tani (Poktan) penerima hewan ternak di Kota Tasikmalaya, salah satunya Taruna Tani Kampung Salapan, Kelurahan Urug, Kecamatan Kawalu.

Poktan ini menerima 50 ekor lebih hewan ternak (Domba) dari Pemkot Tasikmalaya melalui Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3).

Sejak kurang lebih tiga bulan lalu menerima bantuan, sampai saat ini hewan ternak yang dikelola Poktan Taruna Tani menunjukan perkembangan yang berarti.

Ketika ditemui, Jumat 15 Juli 2022, Pengelola Kampung Salapan sekaligus Ketua Poktan Taruna Tani, Dian Hadianto bersyukur atas adanya bantuan tersebut dengan harapan dapat mendorong terhadap perekonomian warga.

Lebih jauhnya, Dian pun memberikan masukan kepada dinas terkait agar memikirkan keberadaan Demontration Plot (Demplot) guna mendorong program pertanian di Kota Tasikmalaya.

Demplot, jelasnya, metode penyuluhan pertanian yang ditujukan kepada petani dengan cara membuat lahan percontohan, tujuannya agar para petani bisa melihat dan membuktikan objek yang didemontrasikan.

"Karena masyarakat di Kota Tasik dominasinya masih buruh tani. Harus melihat langsung atau ada bukti, tidak dengan sekedar arahan atau seminar. Artinya harus melihat dulu hasil, dan dinas pun harus paham itu. Banyak teori malah tidak akan masuk. Makanya kami minta dinas memperhatikan keberadaan Demplot,” tegasnya. 

Di Kp. Urug, lanjut Dian, ada 10 hektar potensi yang dipakai lahan demplot di tanah labil masyarakat yang sudah disepakati, bisa untuk pertanian, ternak, ikan maupun holtikultura.

"Soal bantuan domba, kami terima jenis Garut-an dari DKP3. Kami berterimakasih kepada Dinas, dari 52 ekor yang diberikan sudah beranak empat ekor. Alhamdulillah berkembang biak untuk kita kembangkan dengan anggota lainnya. Mudah-mudahan manfaat untuk semua,” tandasnya.