Sah! Pengurus IKA SMA/SMK Muhammadiyah Kawali Masa Jabatan 2022-2026 Dikukukan

Alumni dapat menjadi sumber informasi dunia kerja & usaha bagi lulusan baru suatu sekolah, di samping menjadi inspirasi bagi siswa yang ada di sekolahan sekarang.

Sah! Pengurus IKA SMA/SMK Muhammadiyah Kawali Masa Jabatan 2022-2026 Dikukukan

CIAMIS, INILAHTASIK.COM | Ikatan alumni, merupakan salah satu organisasi penting yang ada pada sebuah institusi perguruan tinggi/ sekolah. Kehadiran ikatan alumni selain sebagai wadah komunikasi antar lulusan, ikatan alumni juga berperan besar dalam memberikan informasi yang berkaitan dengan kesempatan berkarir dan pertukaran informasi. 

Alumni SMA/SMK Muhammadiyah Kawali (IKA SMA/SMK MUKA) telah dibentuk organisasi ikatan alumni untuk semua angkatan mulai tahun 1982 sd 2021 yang sudah terbentuk lebih setahun yang lalu dengan ketua umum H. Akhmad Dimyati. Atas hasil musyawarah mufakat semua alumni. Juga merupakan ketua umum "perdana".

Bersamaan dengan Pelaksanaan Reuni Akbar SMA/SMK, 5 Mei 2022. Ketua Umum dan jajaran pengurus alumni SMA/SMK Muhammadiyah Kawali setelah ngulur waktu satu setengah tahun lebih, akhirnya dikukuhkan dilantik untuk masa jabatan 2022 sd 2026, yang di saksikan oleh hampir seribu alumni. 

H. Akhmad Dimyati yang sudah banyak jam terbangnya, baik di dunia pendidikan, politik maupun bisnis merencanakan IKA SMA/SMK MUHAMMADIYAH Kawali, program kerja yang sesuai dengan beberapa pertimbangan hal berikut:

Alumni dapat berperan dalam memberikan masukan dan program nyata bagi kemajuan sekolah, memiliki potensi dan kompetensi dalam membangun opini publik demi “nama baik” (citra) sekolah.Sebab sebagai produk sekolahan dapat menjadi relasi penting dalam memperluas jaringan sekolah/siswa dengan insitusi di luar sekolah.

Alumni dapat menjadi sumber informasi dunia kerja & usaha bagi lulusan baru suatu sekolah, di samping menjadi inspirasi bagi siswa yang ada di sekolahan sekarang.

Salah satu fungsi alumni yaitu berhubungan dengan peningkatan mutu pendidikan dan pengembangan berbagai kegiatan ekstrakurikuler yang produktif di sekolah, alumni dapat berperan untuk memberikan berbagai masukan kritis dan membangun kepada almamater.

Dalam hal ini, alumni memiliki posisi yang unik dan strategis karena meskipun mereka tidak lagi merupakan bagian aktif dalam proses pendidikan di sekolah, namun pengalaman mereka selama menjadi siswa dan ikatan batin serta rasa memiliki mereka yang kuat terhadap almamater dapat menghasilkan dan menawarkan berbagai konsep, ide, pemikiran, masukan dan kritik membangun.

Menurut H. Akhmad Dimyati, Ikatan Alumni harus mempunyai ide-ide cemerlang membangun tradisi untuk “bersinergi nyata” bukan sekedar kangen-kangenan dan nostalgia. Informasi terkini dari sekolah harus didapat dan apa yang bisa diperbuat alumni untuk sekolahnya. Ikatan Alumni harus mencerahkan bagi para alumninya, sekolahnya, dan jika perlu siswa yang sedang belajar di sekolah. 

"IKA Ikatan alumni akan membuat pusat data base alumni secara up date agar bisa berkomunikasi dan bersinergi dengan lancar antara alumni dengan sekolah dan sebaliknya juga antar sesama alumni," jelas H. Akhmad Dimyati

Sebenarnya lulusan SMA/SMK Muhammadiyah Kawali mempunyai banyak kemudahan, karena  lingkup pendidikan Muhammadiyah sudah sampai jenjang Perguruan tinggi, tidak cuma tersebar di kota- kota besar di Indonesia bahkan Internasional,  seperti di- Malaysia perguruan tinggi Muhammadiyah sudah eksis. Kemudian yg terdekat secara geografis dengan Kecamatan Kawali, Ciamis yaitu di Kab. Pangandaran Pergururuan tinggi Muhammadiyah sedang dibangun.  

"Dengan adanya IKA yang dapat berfungsi sebagai motivator dan tempat konsultatif junior maupun seniornya untuk memberikan pilihan alternatif masuk kejenjang Perguruan Tinggi Muhammadiyah," pungkas H. Akhmad Dimyati.