Peringati Hari Veteran, PPM Kawali Akan Gelar Lomba Spelling Bee dan Biantara

Kegiatan tersebut adalah untuk menanamkan pemahaman kepada genersi penerus tentang Sejarah NKRI yang direbut kembali dari penjajah dengan segala pengorbanan.

Peringati Hari Veteran, PPM Kawali Akan Gelar Lomba Spelling Bee dan Biantara

CIAMIS, INILAHTASIK.COM | Purnawirawan (Purn) adalah sebuah gelar untuk para pensiunan prajurit, baik TNI maupun Polri yang sudah tidak aktif lagi di dalam dinas kemiliteran atau kepolisian. Gelar ini berbeda dengan veteran, karena gelar veteran hanya diberikan kepada para prajurit yang pernah mengikuti pertempuran kemerdekaan.

Anak anak Veteran di Kecamatan Kawali memperingati Hari Veteran, 10 Agustus 2022 dengan mengadakan kegiatan yaitu : Lomba Spelling Bee dan Biantara untuk tingkat Sekolah Dasar (SD/MI) secara open di lingkungan kabupaten Ciamis. Perlombaan itu akan dilaksnakan pada tanggal 7 Agustus 2022  di Aula Kecamatan Kawali.

Tujuan digelar even tersebut adalah untuk menanamkan pemahaman kepada genersi penerus tentang Sejarah NKRI yang direbut kembali dari penjajah dengan segala pengorbanan harta, tenaga pikiran dan nyawa pun sebgai taruhannya oleh Veteran bersama dengan Rakyat ketika itu.

"Jangan Sekali-kali Meninggalkan Sejarah atau disingkat Jasmerah adalah semboyan yang terkenal yang diucapkan oleh Soekarno, dalam pidatonya yang terakhir pada Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia tanggal 17 Agustus 1966." Jelas Rizal ketua panitia even diatas.

Spelling Bee yang di lombakan adalah mengeja, melavalkan hurup dari suatu kata. Kemudian menucapkan kata tersebut dengan benar.

"Setiap peserta mendapat 10 kata yang sudah di siapkan oleh panitia. Perlombaan Spelling bee akan di kemas.menjadi Game yang menarik," jelas Rizal.

Sedangkan Pidato bahasa Sunda (Biantara) dengan tema VETERAN PAHLAWAN LEMAH CAI yang akan di nilainya adalah pertama naskah pidatonya harus sesuai dengan tema dan kedua bahasa yang di gunakan dan ketiga durasi 5 menit.

Tata tertib dan info update akan sesalu di Share di group WA untuk para peserta lomba.

Penentuan pemenang didapat dari jumlah tertinggi penilaian anta Spelling bee dan Biantara. 

"Kegiatan lomba dalam rangka memperingati hari Veteran nasional di harapkan mempunyai wawasan global karena efek Spelling bee dan mencintai tanah airnya  karena efek dari Biantara serta tidak melupakan sejarah." harap Rizal.

"Semua peserta akan mendapat sertifikat lomba. Untuk pemenang selain sertifikat juga mendapat piala dan uang pembinaan total jutaan," pungkas Rizal.