Penuhi Kebutuhan Air Bersih Santri, ACT Tasik Bangun Sumur Wakaf

Sedikitnya sekitar 80 orang santri yang menimba ilmu di pesantren tersebut, mereka mayoritas berasal dari keluarga prasejahtera.

Penuhi Kebutuhan Air Bersih Santri, ACT Tasik Bangun Sumur Wakaf

KAB.TASIK, INILAHTASIK.COM | Guna memenuhi kebutuhan air bersih bagi santri di Pondok Pesantren Hidayatul Ihsan, Kampung Cipertani, Desa Karangmekar, Kecamatan Karangnunggal. Aksi Cepat Tanggap (ACT) Tasikmalaya bangun sumur wakaf.

Sedikitnya sekitar 80 orang santri yang menimba ilmu di pesantren tersebut, mereka mayoritas berasal dari keluarga prasejahtera. Apapun kondisinya, para santri tak pernah mengeluh, termasuk keberadaan MCK dan sumber air yang kurang memadai, menjadi hal biasa yang mereka lakoni setiap harinya. 

"Ketersediaan sumber air bersih dan MCK yang memadai cukup dibutuhkan untuk menopang kebutuhan santri setiap harinya. Oleh karena itu Alhamdulillah Tim Global Wakaf -ACT Tasikmalaya saat ini tengah membangunkan sumber air berupa sumur wakaf beserta MCK dan tempat wudhu yang layak,” ungkap M fauzi Ridwan, Tim Global Wakaf-ACT Tasikmalaya, Senin 27 Juni 2022. 

Untuk itu, kata Fauzi, pihaknya menyampaikan amanah dermawan dengan membangun sumur wakaf, MCK dan tempat wudhu yang layak untuk para santri di Pondok Pesantren Hidayatul Ihsan Kampung Cipertani Karangnunggal.

"Proses pembangunannya masih berlangsung, sudah berjalan sekitar 20 hari, saat ini sedang dilakukan pemasangan keramik dan tidak lama lagi akan segera selesai. Mudah-mudahan bisa segera dimanfaatkan oleh para santri," jelasnya.

Menurutnya, program ini merupakan bagian dari program Global Wakaf-ACT Tasikmalaya berupa bantuan pembangunan sumur wakaf dan MCK untuk pesantren dan sarana ibadah lainnya. Saat ini sudah ada sekitar 17 sumur wakaf yang sudah dibangun di Tasikmalaya dan sekitarnya.

“Alhamdulillah, teriring do'a Jazakumullahu Khairan Katsira, untuk semua yang sudah terlibat membantu mewujudkan sumur beserta MCK di Pesantren ini," ungkap Ustadz Kusnaedi Pengurus Ponpes Hidayatul Ihsan.

Ia menyebut, pihaknya tengah mengikhitiarkan untuk membangun sumber air bersih dan MCK yang layak bagi para santri. Dengan adanya program dari ACT ini, menjawab ikhtiar kami selama ini. InsyaAllah manfaat dan menjadi amal jariyah yang akan terus mengalir.