Pegiat Seni Budaya Pencak Silat Mulai Bangkit

Pegiat Seni Budaya Pencak Silat Mulai Bangkit

KAB. TASIK, INILAHTASIK.COM | Sejak diberlakukannya PPKM Level 2 di Kabupaten Tasikmalaya, membawa angin segar bagi para pecinta seni budaya khususnya Seni Pencak Silat.

Pagelaran pun dilaksanakan di Desa Cisarua, Kecamatan Cineam oleh Panguyuban Seni Budaya Pencak Silat se-Priangan Timur pada Sabtu 20 November 2021. Giat tersebut membuat para pecinta Pencak Silat semakin bersemangat, apalagi pesertanya kebanyakan kaum muda.

Sedikitnya ada 300 peserta dari berbagai Komunitas dan Paguron Pencak Silat se-Priangan Timur ikut memeriahkan pagelaran.

Meski demikian, panitia tetap mengimbau para peserta dan penonton untuk tetap menerapkan protokol kesehatan guna mengantisipasi penyebaran Covid-19.

Pembina Pencak Silat, Tino Hendarto mengatakan, acara terselenggara sebagai upaya memelihara warisan leluhur juga mengobati rasa kangen masyarakat akibat dilanda Pandemi selama ini.

“Kabupaten Tasik sudah memasuki level 2, allhamdulillah bisa menyelenggarakan pencak silat se-Priangan Timur yang terdiri dari tunggal, ganda dan rampak. Selian itu, adanya pentas ini bisa menjaring atlet-atlet muda seperti O2SN, Porda dan kejurda,” ucapnya.

Sementara itu, salah satu atlet Pencak Silat Muda, Wulan Gandasari mengapresiasi kegiatan tersebut lantaran sempat vakum selama pandemi.

”Pegelaran ini secara otomatis membakar kembali semangat, seperti memacu kembali meskipun tidak ada even tetap, latihan harus terus berjalan,” ujarnya.

Untuk diketahui, pagelaran pencak silat tersebut diikuti peserta dari luar daerah seperti Kota Banjar, Ciamis, Garut, Pangadaran, Kota dan Kabupaten Tasikmalaya.