Jelang HUT Lansia, Kemensos RI Bantu Rutilahu di Karangjaya

Bantuan tersebut diberikan sekaligus dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Lansia (HALUN) tahun 2022.

Jelang  HUT Lansia, Kemensos RI Bantu Rutilahu di Karangjaya
Penyerahan bantuan Rutilahu di Kecamatan Karangjaya

KAB. TASIK, INILAHTASIK.COM | Samsudin, warga RT. 001 / RW. 007, Dusun Cisarana, Desa Karangjaya, Kecamatan Karangjaya, Kabupaten Tasikmalaya hidup dan tinggal di sebuah gubuk tak layak huni.

Posisi rumah pun sudah tidak bisa tegak sempurna, karena tiang penyangganya sudah lapuk.  Berlantaikan tanah dan berada di sebuah tepian sawah.

Namun, pemerintah setempat tidak tutup mata dengan yang dirasakan Samsudin selama ini. Berkat bantuan dari pemerintah setempat dan tim verifikasi lapangan PKH dan TKSK untuk membedah rumahnya yang tak layak huni tersebut bantuan pemerintah pusat dari Kemensos RI pun tiba sekaligus menyambut Hari Ulang Tahun Lansia (HALUN) tahun 2022.

Baca Juga: Viman Alfarizi Tanamkan 4 Pilar Kebangsaan kepada GPVT

Atas swadaya dari masyarakat, akhirnya rumah Samsudin dibedah untuk dijadikan tempat tinggal yang nyaman di hari tuanya.

Koordinator TKSK Kecamatan Karangjaya, Tedi Rahmat mengatakan, bantuan Rutilahu yang dilaksanakan hari ini untuk lansia. Anggarannya sudah diterima dan diserhkan langsung kepada penerima manfaat dengan total sebesar Rp.20 juta.

"Sedangkan untuk pengerjaan sendiri, ini dikerjakan oleh warga dengan cara swadaya, agar rumah Samsudin cepat selesai dalam waktu yang ditentukan yaitu tanggal 29 Mei 2022,” terangnya.

Sementara itu, Camat Karangjaya, Kadir. S.Sos., mengungkapkan bahwa dalam menyambut HUT Lansia 2022, Kecamatan Karangjaya mendapatkan 10 bantuan rumah tidak layak huni.

“Hari ini baru satu yang dikerjakan dengan cara swadaya masyarakat. Sekarang sedang tahap pengerjaan di mana nanti ketika hari H, rumah itu sudah selesai dikerjakan,” ucapnya, Selasa 24 Mei 2022.

Disamping itu, kata Kadir, tak hanya bantuan rumah tidak layak huni saja yang akan diberikan oleh Kemensos RI, melainkan juga bantuan seperti pengobatan katarak, atensi, kursi roda, alat pendengaran, dan tongkat kaki tiga.