DKPPP dan Anggota Komisi II DPRD Gelar Pelatihan Penyembelihan Hewan Kurban

Para peserta mempraktikannya secara langsung, bagaimana cara menjatuhkan sapi agar tidak sampai menyakiti hewan tersebut.

DKPPP dan Anggota Komisi II DPRD Gelar Pelatihan Penyembelihan Hewan Kurban

KOTA TASIK, INILAHTASIK.COM | Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKPPP) bersama dengan Anggota Komisi II DPRD Kota Tasikmalaya Dadan Daruslan menggelar pelatihan menyembelih hewan kurban, di sekretarian Poktan, di Jalan Rarangjami Leuwidahu, Kamis 16 Juni 2022.

Dadan Daruslan mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan agenda rutin tahunan. Kegiatan kali ini merupakan sesi kedua, kegiatan serupa sebelumnya digelar minggu lalu diikuti oleh 9 DKM, dan pada kegiatan saat ini diikuti oleh 35 DKM.

Pada kegiatan ini, lanjutnya, para peserta mempraktikannya secara langsung, bagaimana cara menjatuhkan sapi agar tidak sampai menyakiti hewan tersebut. Kemudian, bagaimana cara menyembelih yang baik dan benar.

"Jadi kita praktik langsung, tidak hanya sekedar teori saja, ini juga atas masukan dari para pengurus DKM yang menginginkan praktik langsung, karena kalau teori mereka juga sudah pada tahu," jelasnya.

Selain praktik menyembelih hewan, para peserta juga dibekali pengetahuan oleh pihak dari DKPPP tentang bagaimana cara beternak sapi atau domba supaya hasilnya bagus. Kemudian bagaimana cara penanggulangan jika ternak terkena penyakit, dan lainnya. 

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat, karena saat ini sedang marak penyakit mulut dan kuku, sebaiknya saat akan membeli hewan qurban lebih selektif lagi. 

"Perlu diketahui juga, jika terlanjur membeli sapi yang terjangkit PMK, tidak perlu khawatir karena dagingnya tetap bisa di konsumsi, asalkan di masak dengan baik diatas suhu 70 derajat celcius," tandasnya.