Dandim 0612 Buka Giat BSMSS di Desa Cikupa

Dandim 0612 Buka Giat BSMSS di Desa Cikupa

KAB. TASIK, INILAHTASIK.COM | Komandan Kodim 0612/Tasikmalaya, Letkol Inf Ary Sutrisno, S.IP., membuka kegiatan Bakti Sosial Manunggal Satata Sariksa (BSMSS), di Aula Desa Cikupa, Kecamatan Karangnunggal, Kabupaten Tasikmalaya pada Kamis 02 Desember 2021.

Acara berlangsung pada pukul 09.00 sampai 10.00 WIB dengan dihadiri Bupati Tasikmalaya diwakili Kadinsos, Drs. Roni Ahmad Sahroni, Danramil 1215/Karangnunggal, Mayor inf Kurniadi, Kapolsek Karangnunggal, Kompol Didin Jumardini, Camat Karangnunggal, Asep Dahliana, Kepala Desa Cikupa, Yudha Heryadi, dan Para Tokoh Masyarakat Desa Cikupa.

Pasi Ter Kodim 0612/Tasikmalaya, Kapten Inf Heri Sapari, melaporkan tentang kesiapan kegiatan. Ia menyebut bahwa waktu pelaksanaan dibagi dua tahap yaitu prakarya BSMSS dilaksanakan tanggal 25 November sampai 1 Desember 2021, dilanjutkan pada tanggal 2 Desember sampai 15 Desember 2021 Pengerasan jalan 2100 m x 2,5m, RTLH 12 unit,

Kemudian, sasaran non fisik berupa penyuluhan kesadaran berbangsa dan bernegara serta kesadaran bela negara dan cinta tanah air, pengetahuan masyarakat di bidang kesehatan dan keagamaan.

Camat Karangnunggal, Asep Dahliana mengucapkan terima kasih kepada Kodim dan pemerintah daerah karena telah memilih Desa Cikupa dalam kegiatan BSMSS. Ia berharap bisa lebih meningkatkan kesadaran masyarakat bergotong royong dan meningkatkan perekonomian.

Kadinsos pun turut memberi sambutan. Ia menyampaikan bahwa penunjukan Desa Cikupa dalam kegiatan BSMSS tidak semata-mata kebetulan, tapi ada penilaian dan pentimbangan.

Roni menerangkan, Desa Cikupa merupakan desa berkembang dan masyarakatnya cukup baik serta memiliki rasa kebersamaan.

Ia mengharapkan, kegiatan tersebut bisa memberikan motivasi bagi masyarakat untuk meningkatkan kesadaran bergotong royong dan memanfaatkan sumber daya alam yang dimiliki.

Sementara itu, Dandim 0612/Tasik Letkol Inf Ary Sutrisno, S.IP menegaskan bahwa kegiatan BSMSS dalam rangka kegiatan teritorial TA. 2021 yang akan dimulai tanggal 02 sampai 15 Desember 2021.

“Program BSMSS dari tahun ketahun menunjukan hasil yang memuaskan dan bisa dirasakan oleh masyarakat baik fisik maupun non fisik yang dapat mendorong perkembangan secara umum. Pencapaian ini tidak lepas dari dukungan pemerintah daerah dan seluruh pihak terkait  baik bantuan berupa materil maupun non materil sehingga kegiatan ini bisa berjalan lancer,” ucapnya.

Menurutnya, setiap kegiatan BSMSS bertujuan  agar terwujudnya ikatan kemanunggalan antara TNI, pemerintah daerah dan masyarakat untuk bergotong royong membangun kehidupan sosial sehingga terciptanya stabilitas keamanan dan mewujudkan sistem pertahanan.