Buah Kelengkeng Menyehatkan Fungsi Otak

Lengkeng kering merupakan sumber yang lebih baik. Satu porsi 3,5-ons lengkeng kering memiliki 807 mikrogram mineral, hampir 90 persen dari RDA.

Buah Kelengkeng Menyehatkan Fungsi Otak
Net

INILAHTASIK.COM | Buah kelengkeng banyak yang dijadikan sebagai bahan pelengkap dalam resep makanan, terutama dijadikan toping pada kue. Mungkin sebagaian dari kita, belum pernah mengetahui tanaman kelengkeng ini.

Padahal tanaman buah kelengkeng, merupakan tanaman asli dari Asia Tenggara. Buah kelengkeng, memang banyak yang menyukai karena rasa manis namun segar yang berada pada daging buahnya. Karena buah ini musiman, banyak produsen makanan yang mengemasnya dalam bentuk kalengan.

Berikut manfaat buah Kelengkeng:

Meningkatkan Vitamin C

Kekurangan asupan vitamin C, kemungkinan akan mudah mengembangkan tekanan darah tinggi, penyakit jantung, degenerasi makula yang terkait usia dan beberapa jenis kanker. Lengkeng mentah merupakan sumber manfaat vitamin C yang sangat baik, yakni sekitar 84 miligram dari 3,5 ons.

Jumlah ini memasok 93% dari asupan harian yang direkomendasikan vitamin C pada pria yaitu 90 miligram dan lebih dari 100 persen dari kebutuhan 75 miligram sehari wanita.

Memperkuat Tulang

Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2013 dalam “Maturitas” melaporkan bahwa wanita menopause yang memiliki mineral lebih rendah seperti tembaga secara signifikan lebih mungkin untuk mengembangkan osteoporosis dengan bertambahnya usia.

Baca Juga: Manfaat Buah Duku untuk Kesehatan Tubuh

Orang dewasa harus mengkonsumsi sekitar 900 mikrogram tembaga setiap hari dan 3,5 ons pasokan lengkeng segar menyediakan 19% dari rekomendasi ini. Lengkeng kering merupakan sumber yang lebih baik. Satu porsi 3,5-ons lengkeng kering memiliki 807 mikrogram mineral, hampir 90 persen dari RDA.

Mencukupi Kebutuhan Zat Besi

Para vegetarian cenderung mengalami kekurangan zat besi dibandingkan mereka yang makan daging. Hal tersebut karena zat besi yang disediakan oleh makanan nabati tidak diserap dengan mudah seperti zat besi dari produk hewani contohnya pada manfaat daging sapi.

Wanita hamil, atlet dan gadis-gadis remaja mungkin memrlukan lebih banyak zat besi. Lengkeng kering dapat membantu meningkatkan asupan zat besi. Setiap 3,5-ons kelengkeng mengandung sekitar 5 miligram, atau sekitar 62 persen dari kebutuhan harian zat besi.

Mencegah Gangguan Pada Mata

Riboflavin merupakan vitamin penting yang merupakan bagian dari manfaat vitamin B kompleks. Pria memerlukan 1,3 miligram vitamin ini setiap hari, sementara wanita harus memiliki 1,1 miligram. Menurut “Archives of Ophthalmology” penelitian yang diterbitkan pada tahun 2005, tidak mengkonsumsi riboflavin yang memadai dapat meningkatkan risiko gangguan mata, khususnya katarak.

Lengkeng mentah mengandung 0,14 miligram riboflavin di setiap 3,5 ons, tapi lengkeng kering memiliki 0,5 miligram per porsi. Makan 3,5 ons lengkeng kering memasok 38% dari kebutuhan riboflavin harian untuk pria dan 45% kebutuhan para wanita.

Menyehatkan Fungsi Otak

Tembaga pada buah lengkeng mempromosikan fungsi otak. Tembaga diperlukan untuk menghasilkan norepinefrin, yaitu suatu bahan kimia yang digunakan sel-sel otak untuk berkomunikasi.

Tembaga juga membantu menjaga selubung yang mengelilingi saraf dan untuk fungsi saraf yang efisien. Hal ini memungkinkan otak untuk memetabolisme molekul komunikasi otak lainnya, termasuk dopamin. Dalam 100 gram buah lengkeng memasok 169 mikrogram tembaga, atau 19 persen dari rekomendasi asupan harian, yang ditetapkan oleh Institute of Medicine.