Bangun Kerjasama, POM SDN I Mangkubumi Adakan Lomba Ngaliwet

Kegiatan ini merupakan ide atau inisiatif dari para orang tua murid, setelah hampir tiga tahun tidak ada kegiatan POM karena adanya pandemi Covid-19.

Bangun Kerjasama, POM SDN I Mangkubumi Adakan Lomba Ngaliwet

KOTA TASIK, INILAHTASIK.COM | Paguyuban Orang Tua Murid (POM) Sekolah Dasar Negeri I Mangkubumi Kota Tasikmalaya menggelar kegiatan lomba bikin liwet yang diikuti oleh perwakilan POM dari seluruh kelas. Seperti dikatakan Ketua POM Yenyen Nurfalah saat ditemui disela-sela kegiatan, di halaman SD Negeri I Mangukubumi, Rabu 22 Juni 2022.

Ia mengatakan, bahwa kegiatan ini merupakan ide atau inisiatif dari para orang tua murid, setelah hampir tiga tahun tidak ada kegiatan POM karena adanya pandemi Covid-19.

"Alhamdulillah hari ini bisa dilaksanakan. Sebetulnya tiap tahun juga suka ada kegiatan, seperti pengajian, cuma karena Covid jadi tidak ada. Dan sekarang sudah mulai lagi" terangnya.

Kemudian, lanjutnya, ada inisiatif dari para orang tua, selain pengajian, agar kegiatannya ditambah untuk silaturahim antar orang tua murid. Sehingga diadakanlah lomba bikin liwet ini. 

"Alhamdulillah respon dari orang tua sangat baik. Hubungan kami pun sebagai POM dan para guru juga terjalin dengan baik. Ada chamestry yang baik antara kami persatuan orang tua murid dengan guru di SDN I Mangkubumi," ucapnya.

Untuk kriteria bikin liwetnya sendiri, pemilihan bahannya bebas. Yang kami nilai itu dari rasa, cara penataan, pliting, kemudian kreasi sajian menu dari liwet tersebut juga jadi salah satu unsur penilaian. Dan terakhir kerapihan. Intinya liwet tersebut dibikin se menarik mungkin.

"Kenapa liwet yang dipilih, karena liwet ini bagian dari salah satu makanan khas di Jawa Barat. Jadi ditonjolkan unsur ke daerahan nya, atau ke sundaan nya," ungkap Yenyen.

Ia menyebut, tujuan dari kegiatan ini, yang pertama adalah silaturahmi, agar terbangun kerjasama antar orang tua murid dari semua kelas. 

"Kan setiap kelas itu, orang tua belum tentu semua pada kenal, nah melalui kegiatan ini, InsyaAlloh para orang tua menjadi bersatu, yang tadinya tidak saling kenal jadi kenal. Kemudian mendekatkan kami dengan para guru," pungkasnya.