Asnawi dkk Tak Bisa Tampil di Piala AFF U 23

Asnawi dkk Tak Bisa Tampil di Piala AFF U 23
Net

INILAHTASIK.COM | Setelah Timnas Indonesia tampil dan berlaga hingga final Piala AFF 2020, kini giliran para pemain muda yang unjuk kemampuan di Piala AFF U-23 2022.

Turnamen sepak bola Asia Tenggara untuk kategori umur U-23 itu bakal berlangsung di Kamboja pada 14 hingga 26 Februari 2022. Seperti sebelumnya, Timnas Indonesia U-23 juga akan dipimpin oleh Shin Tae-yong.

Dalam ajang ini, Shin Tae-yong diperkirakan tetap mempertahankan filosofi sepak bola, yaitu menggunakan formasi dan menurunkan pemain sesuai dengan lawan yang dihadapi Indonesia.

Timnas Indonesia U-23 tergabung di Grup B Piala AFF U-23 2022. Tim Garuda muda akan menghadapi Malaysia, Myanmar, dan Laos.

Formasi lima bek diperkirakan bakal kembali dipilih Shin Tae-yong Ketika Timnas Indonesia U-23 menghadapi Malaysia. Sementara saat menghadapi Malaysia dan Laos, Garuda Muda diperkirakan bakal memainkan strategi yang lebih menyerang, seperti 4-3-3 atau 4-2-3-1.

Timnas Indonesia U-23 punya tantangan tersendiri di Piala AFF U-23 2022 nanti. Sebab, para pemain yang berlaga di luar Asia Tenggara kemungkinan besar tidak akan bisa berlaga di ajang tersebut.

Turnamen itu berstatus kelompok umur. Jadi klub sebenarnya tidak wajib melepas para pemainnya untuk memperkuat tim nasional masing-masing di Piala AFF U-23 2022.

Kondisi tersebut membuat Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri, Asnawi Mangkualam, dan Elkan Baggott diperkirakan tidak akan bisa memperkuat Timnas Indonesia U-23 di Piala AFF U-23 2022.

Alasannya keempat pemain itu berkiprah di liga yang berada di luar Asia Tenggara. Egy bermain di Slovakia, Witan di Polandia, kemudian Asnawi Mangkualam memperkuat Ansan Greeners di Korea Selatan, sementara Elkan Baggott tampil bersama Ipswich Town di Inggris.