Aksi Bersih-Bersih UPTD PSDA WS Ciwulan-Cilaki Peringati Hari Sungai Nasional

Hari Sungai Nasional rutin dilaksanakan setiap tahun dan untuk tahun sekarang UPTD PSDA WS Ciwulan-Cilaki membersihkan sampah di Sungai Objek Wisata Leuwi Bilik, Kelurahan Leuwiliang, Kecamatan Kawalu, Kota Tasikmalaya.

Aksi Bersih-Bersih UPTD PSDA WS Ciwulan-Cilaki Peringati Hari Sungai Nasional

KOTA TASIK, INILAHTASIK.COM | Dalam memperingati Hari Sungai Nasional, UPTD PSDA Wilayah Sungai Ciwulan-Cilaki Provinsi Jawa Barat menggelar aksi bersih-bersih sampah di pinggir Sungai pada Sabtu 30 Juli 2022. Kegiatan tersebut melibatkan sejumlah unsur baik komunitas maupun masyarakat.  

Dalam kesempatan itu, Pengelola Ahli Muda UPTD PSDA wilayah Sungai Ciwulan Cilaki, Darmadi ST, menegaskan bahwa peringatan Hari Sungai Nasional rutin dilaksanakan setiap tanggal 27 Juli, dan untuk tahun ini pihaknya membersihkan sampah di Sungai Ciwulan-Cilaki yang berlokasi di Objek Wisata Leuwi Bilik, Kelurahan Leuwiliang, Kecamatan Kawalu, Kota Tasikmalaya.  

Dalam kegiatan ini, lanjut Darmadi, pihaknya menerjunkan para petugas juga komunitas dan masyarakat dengan jumlah sekitar 100 orang. Ia berharap, aksi yang dilakukannya itu berdampak positif dan menjadi bahan edukasi bahwasannya makhluk hidup harus peduli alam, salah satunya terhadap sungai.   

Sementara itu, di tempat yang sama, Lurah Leuwiliang, Rahmat Koswara berharap semua lapisan masyarakat bisa menjaga kebersihan sungai. Terlebih, Wisata Arung Jeram Leuwi Bilik sudah menjadi tempat wisata.  

Rahmat berharap kegiatan di sungai nasional itu menjadi contoh bagi warga Leuwiliang khususnya, dan masyarakat luas pada umumnya.  

Kemudian, Ketua LPM Leuwiliang, Dindin mengapresiasi aksi kebersihan singan yang dilakukan Dinas SDA Ciwulan-Cilaki. Ia pun menyampaikan terima kasih kepada dinas dengan harapan bisa menjadi motivasi bagi masyarakat di sekitar wisata tersebut.