RT RW Diberi Ilmu Tupoksi

ARWT sebagai mitra pemerintah ingin ikut berkiprah agar bisa berkesinambungan dan tidak terlepas dari partisipasi, pemberdayaan dan demokrasi.

RT RW Diberi Ilmu Tupoksi

KOTA TASIK, INILAHTASIK.COM | Asosiasi Rukun Warga dan Rukun Tetangga (ARWT) DPC Kota Tasikmalaya mengadakan acara penguatan Kapasitas RT dan RW sekaligus Sosialisasi kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan dan Perda No 10 Tahun 2007 tentang RT dan RW, di Aula Kecamatan Purbaratu pada Sabtu 16 Juli 2022. 

Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengupgrade keilmuan RT dan RW tentang tugas dan fungsinya sesuai dengan Perda No 10 Tahun 2007. 

Ketua DPC ARWT Kota Tasikmalaya, Odang Saepudin mengatakan, kemajuan lembaganya ada unsur, niat bagus, mengerti ilmunya, sabar dan ikhlas.

"Kegiatan ini agar para RT dan RW mengerti ilmunya. Sesudah ada penyampaian dari Wakil Ketua DPRD, sekarang ada pencerahan bagimana kiprahnya di Masyarakat," tambah Odang. 

Menurutnya, ARWT sebagai mitra pemerintah ingin ikut berkiprah agar bisa berkesinambungan dan tidak terlepas dari partisipasi, pemberdayaan dan demokrasi. 

"Inilah bagian dari partisipasi kami dalam berorganisasi sebagai mitra pemerintah yang memiliki visi sama untuk memajukan Kota Tasikmalaya," jelasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kota Tasikmalaya, H. Agus Wahyudin yang turut hadir pada giat tersebut menyampaikan bahwa RT dan RW merupakan orang terpilih yang memiliki peran continue. 

Dirinya pun mengapresiasi langkah ARWT untuk menyampaikan Perda Nomor 10 Tahun 2007.

"Ini bagian langkah maju bagi RT dan RW. Seseorang yang mengemban jabatan itu harus memahami legal standing dan eksitensinya," kata Kang AW.

Ia menuturkan, seiring dengan kompleksitas tugas RT dan RW di lapangan, yang sering menjadi orang pertama diminta pertolongan apabila ada permasalahan
di daerah. 

"Secara umum mereka belum tahu terkait tugas dan batasannya dimana, sekarang setelah diberikan pandangan para RT dan RW mengetahui tugas dan fungsinya," tandasnya.