Ragam Manfaat Daun Kersen untuk Kesehatan

Di Indonesia, Jawa khususnya, pohon kersen ini tumbuh dengan sendirinya tanpa dilakukan upaya-upaya perawatan khusus baginya. Bahkan saking mudahnya pohon kersen ini tumbuh di Jawa, banyak orang yang mencabuti pohon ini karena dirasa mengganggu.

Ragam Manfaat Daun Kersen untuk Kesehatan
Net

INILAHTASIK.COM | Buah kersen sangat mudah sekali diperoleh. Pohon kersen dapat tumbuh dimana-mana. Banyak sekali pohon kersen yang terletak di pinggir jalan. Sehingga selain menjadi tempat yang bisa digunakan untuk berteduh, orang juga bisa dengan mudah menikmati buah kersen yang ada.

Memang banyak pihak yang menjadikan pohon kersen ini sebagai pohon berteduh yang ada di pinggir-pinggir jalan. Selain sengaja ditanam, pohon kersen ini juga banyak yang tumbuh liar. Munculnya pohon kersen secara tiba-tiba ini seringkali tidak disadari oleh manusia, sehingga setelah terbentuknya pohon kersen dewasa yang sudah berbuah, barulah orang-orang menyadari adanya pohon tersebut. Pohon kersen ini juga merupakan pohon yang mudah tumbuh.

Tanaman Buah Kersen di Indonesia

Di Indonesia, Jawa khususnya, pohon kersen ini tumbuh dengan sendirinya tanpa dilakukan upaya-upaya perawatan khusus baginya. Bahkan saking mudahnya pohon kersen ini tumbuh di Jawa, banyak orang yang mencabuti pohon ini karena dirasa mengganggu.

Padahal sangat disayangkan, pohon kersen ini mengandung berbagai manfaat. Kemudahan memperoleh buah kersen selain karena pohonnya yang mudah tumbuh di Indonesia, hal lainnya adalah karena kersen merupakan salah satu tanaman buah yang tidak mengenal musim. Kersen dapat berbuah sepanjang tahun. Dan hampir setiap hari buah kersen yang sudah masak ini dapat kita jumpai.

Telah disebutkan sebelumnya bahwa tanaman buah kersen ini mempunyai banyak manfaat. Buah kersen dikenal sebagai obat untuk menyembuhkan asam urat dan juga diabetes. Lalu, bagaimana dengan bagian pohon yang lainnya, apakah mempunyai banyak manfaat juga? Ya, salah satu bagian dari pohon kersen yang mempunyai manfaat adalah daun pohon kersen. Daun pohon kersen ini mempunyai struktur permukaan yang sedikit berbulu dan kadang terasa lengket, dan juga mempunyai pinggiran yang meruncing.

Baca Juga: Daun Singkong Atasi Radang Sendi

Daun kersen ini ternyata merupakan daun yang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Selain dapat memanfaatkan buahnya, kita juga bisa memanfaatkan daunnya. Berikut ini sejumlah manfaat daun kersen yaitu:

Sebagai obat mengatasi diabetes

Tidak hanya buah kersen saja yang dikenal sebagai obat mengatasi diabetes, namun daun kersen juga dapat dijadikan obat mengatasi diabetas ini. Sejak zaman dahulu, daun kersen dikenal sebagai ramuan alami yang digunakan untuk mengatasi gula darah yang tinggi. Karena kandungan saponin dan flavonoidnya yang cukup tinggi, daun kersen mampu menyereksi hormon insulin yang sangat dibutuhkan tubuh untuk metabolisme gula.

Mencegah perkembangan tumor

Daun kersen ini dikenal sebagai daun yang memiliki banyak sekali manfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Salah satu manfaat dari daun kersen adalah untuk mencegah pertumbuhan tumor. Daun kersen ini memiliki kandungan flavonoid, tannin dan saponin. Selain itu, air rebusan daun kersen juga bisa menjadi antiseptik yang sangat bagus, dan akan mencegah peradangan serta inflamasi.

Sebagai pengontrol fungai otot jantung

Manfaat yang lain dari daun kersen adalah dapat menjaga fungsi otot jantung. Hal ini dibuktikan dengan sebuah penelitian bahwasannya daun kersen dapat bekerja sangat aktif untuk melindungi fungsi otot jantung.

Anti hipertensi

Daun kersen juga dapat digunakan sebagai obat anti hipertensi. Caranya dengan membuat minuman dari serbuk daun kersen dan diminum 2x sehari.

Anti inflamasi

Diatas sudah disebutkan bahwa daun kersen juga dapat menurunkan gejala radang dan juga inflamasi.

Sebagai Antiseptik

Daun kersen karena kandungan flavonoid, tannin, dan juga saponin ini dapat menjadi antiseptik yang membunuh mikroba dan berbagai bakteri.

Mengatasi kolesterol yang tinggi

Manfaat dari daun kersen yang lainnya adalah sebagai obat yang dapat mengatasi kolesterol yang tinggi. Caranya dengan meminum air rebusan daun kersen dan diminum 3x setiap hari.