Nurhayati Effendi Berikan 12 Tips Cegah Stunting 

Nov 28, 2023 - 18:30
Nov 28, 2023 - 19:34
Nurhayati Effendi Berikan 12 Tips Cegah Stunting 

GARUT | Anggota Komisi IX DPR-RI, Nurhayati Effendi, memberikan sejumlah tips untuk mencegah stunting kepada masyarakat Kecamatan Talegong, Garut, Jawa Barat, pada Selasa, 28 November 2023. 

Politisi PPP ini merinci 12 tips yang sebaiknya dilakukan selama 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) bayi.

Nurhayati menekankan pentingnya mengoptimalkan asupan gizi ibu selama kehamilan, memberikan ASI eksklusif hingga 6 bulan, memperkenalkan MPASI seimbang setelah 6 bulan, serta menyediakan susu dan makanan bergizi seperti sayur, buah, protein hewani, dan karbohidrat. 

"Hindari konsumsi makanan dan minuman berlebihan gula serta memberikan stimulasi dan interaksi yang cukup kepada anak," tuturnya.

Selain itu, Nurhayati menyoroti kebersihan lingkungan dan sanitasi, pemantauan kesehatan anak di puskesmas atau dokter secara rutin, pelaksanaan program imunisasi sesuai jadwal, dukungan terhadap aktivitas fisik anak, dan keterlibatan seluruh anggota keluarga dalam mendukung tumbuh kembang anak.

Dengan menerapkan berbagai saran tersebut, Nurhayati yakin bahwa anak dapat terhindar dari stunting karena kebutuhan nutrisinya terpenuhi. 

Ia menegaskan bahwa periode 1000 HPK merupakan masa kritis dalam pertumbuhan anak dan intervensi pada periode ini sangat penting. 

"Stunting dapat menyebabkan keterlambatan pertumbuhan fisik dan mental anak dalam jangka panjang, sehingga mengurangi potensi optimalnya," pungkas dia.

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow