Mimpi Kembali Normal Segera Terwujud, Reza Sukses Jalani Operasi

Tindakan Operasi yang berjalan selama 2 jam 47 menit ini berhasil dilakukan oleh tim dokter, dan saat ini Reza sedang proses pemulihan di RSUP Margono Soekardjo Purwokerto

Mimpi Kembali Normal Segera Terwujud, Reza Sukses Jalani Operasi
Reza menjalani perawatan pasca operasi

PURWOKERTO, INILAHTASIK.COM | Reza (7), warga Jalan Galunggung Gang Ucen, Kelurahan Tawangsari, Kecamatan Tawang, Kota Tasikmalaya penderita penyakit Hirschsprung tengah menjalani proses pengobatan didampingi Tim ACT-MRI Tasikmalaya.

Rabu 01 September 2021, akhirnya Reza menajalani operasi di RSUP Margono Soekardjo Purwokerto.

Penindakan operasi kali ini adalah operasi anus, dan penutupan lubang kolostomi di bagian perut, sehingga nantinya reza akan memiliki saluran pembuangan normal seperti anak lainnya. 

Tindakan Operasi yang berjalan selama 2 jam 47 menit ini berhasil dilakukan oleh tim dokter, dan saat ini Reza sedang proses pemulihan di RSUP Margono Soekardjo Purwokerto.

Demikian disampaikan, Handi Kurniawan, selqku Tim ACT-MRI Tasikmalaya yang mendampingi langsung selama proses pengobatan pada Kamis 2 September 2021.

“Alhamdulillah, operasi yang dijadwalkan pada pukul 9 pagi kemarin, sudah selesai dan berjalan dengan lancar," ucapnya. 

Kegelisahan nampak dirasakan kedua orang tua Reza, karena proses operasi yang berlangsung cukup lama. Terlebih, di  waktu yang sama, beberapa pasien lain pun mejalani operasi, namun tidak selama Reza.

"Alhamdulillah kondisi Reza semakin membaik, dan masih dalam pemulihan juga perawatan pasca operasi," ungkapnya.

Hal ini, lanjut ia, dilakukan untuk memulihkan kondisi Reza, akibat penundaan pengobatan yang pertama sejak 6 tahun silam, cukup mempengaruhi proses dan pasca operasi kedua ini dijalankan.

Terkait rasa nyeri pasca operasi juga dijelaskan oleh pihak dokter, hal itu dipengaruhi oleh jeda waktu antara operasi pertama dan kedua yang cukup lama yakni 6 tahun lebih.

Hal ini menyebabkan penyakitnya bertambah parah membuat rasa nyeri yang dirasakan setelah operasi lebih sakit, terutama pada perut dan anus, sehingga proses penyembuhannya pun sedikit lebih lama dibanding pasien yang langsung ditindak.

"Alhamdulillah, setelah diberi obat, rasa nyeri yang dirasakan Reza, sudah mulai berkurang,” tuturnya.

Agenda terdekat pasca operasi adalah melakukan kontrol. Hal ini diharapkan akan semakin mempercepat kesembuhan Reza pasca operasi. (Pid)