Level 2, Geliat UMKM Mulai Bangkit

Level 2, Geliat UMKM Mulai Bangkit

KOTA TASIK, INILAHTASIK.COM |  Kebangkitan UMKM mulai tampak pasca adanya kelonggaran PPKM level 2 di Kota Tasikmalaya. 

Hal itu dapat dilihat ketika para pelaku UMKM memamerkan home industri saat ada pelantikan Kadin (Kamar Dagang dan Industri) di salah satu hotel di Kota Tasikmalaya, Senin 29 november 2021.

Ketua Pelaksana, Moch Lugina Megawan mengatakan, kondisi sekarang relatif stabil, dan hal tersebut merupakan kabar baik untuk UMKM di Kota Tasikmalaya.

Ia berharap dengan banyaknya UMKM memberikan kontribusi positif untuk perekonomian Kota Tasikmalaya.

Lugina menyebut bahwa itu merupakan spirit Kadin Kota Tasikmalaya sendiri dalam mengusung digitalisasi ekonomi, yang secara otomatis berkaitan dengan recovery ekonomi menjadi prioritas pihaknya.

"Kita tahu kondisi pamdemi ini, hampir 60 persen UMKM kena dampak dari pola-pola kegiatan ekonomi menjadi tidak bisa produktif otomatis hal ini jadi pemicu keterlambatan ekonomi, denga kondisi sekarang di level 2, memicu kita untuk lebih inovatif, berkreasi dengan mengembangkan segala potensi UMKM yang ada di Kota Tasik," ucapnya.

Sementara itu, Ketua Perkumpulan Perempuan Wirausaha Indonesia (Perwira), Dra. Sri Supriatiningsih mengungkapkan, program-program Kadin disinergikan dengan program yang ada di Perwira.

"Karena memang kita membangun kerjasama dan berkalobarasi dengan Kadin," ujarnya.

Ia mengatakan, dari Perwira sendiri banyak menampilkan produk seperti fashion, makanan, minuman, sendal, tas, serta kuliner. 

Menurutnya, geliat ekonomi di masa pandemi UMKM masih bisa bertahan meski situasi sedang repot, tapi justru UMKM ini bisa terus menujukan eksitensinya mampu menjadi penopang perekonomian keluarga.

Ucapan selamat pun disampaikan oleh Ketua Perwira, dengan dilantiknya kepengurusan Kadin masa bakti 2021-2026 bisa bersinergi dengan para pelaku UMKM dan bisa mewadahi asosiasi-asosiasi yang ada dan bisa meningkatkan kinerja dari program yang ada.