Kawasan Cipanyir Kota Tasik Disulap Jadi Kampung Wisata

Wali kota meminta hasil dari penataan ini dapat dimanfaatkan dan dipelihara oleh pengelola dan warga sekitar

Kawasan Cipanyir Kota Tasik Disulap Jadi Kampung Wisata

KOTA TASIK, INILAHTASIK.COM | Pemerintah Kota Tasikmalaya terus berupaya menekan sebaran kawasan pemukiman kumuh, salah satunya wilayah Cipanyir (Cipedes dan Panyingkiran) yang disulap menjadi kampung wisata.

Menandai hasil penataan di lokasi tersebut, Pemkot mengadakan Expose Hasil Kegiatan Peningkatan Kualitas Pemukiman Kumuh Kawasan Cipanyir, Kelurahan Panyingkiran dan Kelurahan Cipedes, di Jalan RE Martadinata, Rabu 12 Januari 2022.

Wali Kota H Muhammad Yusuf menyampaikan terimakasih kepada pemerintah pusat karena telah melakukan penataan kawasan Cipanyir menjadi kawasan Ekowisata.

Yusuf meminta hasil dari penataan ini dapat dimanfaatkan dan dipelihara oleh pengelola dan warga sekitar. Menurutnya, air sungainya sudah bagus, tinggal ditata lebih maksimal, agar bisa dimanfaatkan untuk wahana permainan air, dan jangan dipakai buat keramba ikan, karena bisa merusak kelestarian sungai.

Ia menyebut, untuk melakukan penataan kawasan Cipanyir ini, pemerintah pusat menggelontorkan anggaran Rp 6  Miliar. Kalau ini dikelola dan dipelihara dengan baik jadi tempat wisata, maka tidak menutup kemungkinan wilayah lainnya juga akan dilakukan penataan.

"Saat ini, jumlah luas kawasan kumuh di kota Tasik sekitar 168 hektar. Dengan keterbatasan anggaran yang ada, tentu kami sangat membutuhkan bantuan, baik pusat atau provinsi, guna penataan kawasan kumuh," terangnya.

Ia juga meminta agar tidak ada pungutan tiket masuk ke Cipanyir. Tinggal bagaimana pengelola Cipanyir, membuat produk unggulan, yang bisa menarik orang datang ke Cipanyir, dan bagaimana caranya membuat Cipanyir ini jadi destinasi wisata yang menarik.

"Untuk kian mempercantik, barangkali ada anggaran swadaya dari masyarakat, kalau bisa genting rumah warga di cat warna warni seperti di Malang Jawa Timur. Jadi terlihat lebih menarik," ungkapnya.

Selain itu, warga yang biasa berjualan, lapak dagangannya agar dibikin seragam. Termasuk dalam pengelolaan sampah, pihaknya meminta agar warga turut berperan aktif menjaga lingkungan Cipanyir agar tetap bersih.