Gelar WCD 2021, GenBI Tasik Ajak Masyarakat Peduli Lingkungan Pesisir Pantai

Kegiatan World Clean Up Day 2021, yaitu membersihkan lingkungan sekitar Pantai Batukaras serta kegiatan penanaman pohon mangrove di kawasan pesisir Pantai Bojongsalawe, Kabupaten Pangandaran

Gelar WCD 2021, GenBI Tasik Ajak Masyarakat Peduli Lingkungan Pesisir Pantai
World Cleanup Day 2021 yang digelar GenBI Tasikmalaya

KAB. PANGANDARAN, INILAHTASIK.COM | GenBI Tasikmalaya menyelenggarakan acara World Cleanup Day 2021 dengan tema "Bersih Pantai ku, Tumbuh Mangrove ku, Lestari Negeri ku". Kegiatan bertujuan untuk meningkatkan rasa kepedulian terhadap lingkungan,

Acara tersebut dilaksanakan secara luring (offline) dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Kegiatan dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 17 sampai Sabtu 18 September 2021, di Pantai Batukaras dan Pantai Bojongsalawe.

Kegiatan tersebut merupakan program kerja dari Koordinator Wilayah GenBI Tasikmalaya yang didalamnya termasuk dari GenBI Komisariat Universitas Siliwangi dan GenBI Komisariat Universitas Galuh.

Kegiatan World Clean Up Day 2021 terdiri dari dua kegiatan utama yaitu membersihkan lingkungan sekitar Pantai Batukaras serta kegiatan penanaman pohon mangrove di kawasan pesisir Pantai Bojongsalawe, Kabupaten Pangandaran.

Ketua Korwil GenBI Tasikmalaya, Adytriya Suparman mengatakan bahwa kegiatan di hari pertama mulai pukul 15:30 WIB sampai dengan 17:00 WIB, para anggota GenBI Tasik membersihkan lingkungan Pantai Batukaras dengan mengambil sampah-sampah yang berserakan di Pantai.

“Kemudian kita kumpulkan dalam trash bag. Kegiatan dilanjut pada malam harinya berupa Sharing Session dengan tujuan meningkatkan tali silaturahmi antara anggota GenBI Tasikmalaya,” jelasnya.

Lalu, esok harinya yakni hari Sabtu 18 September 2021, GenBI Tasikmalaya berkolaborasi dengan pelajar dari SMAN 1 Parigi dan SMKN 1 Cijulang dengan dihadiri Pembina GenBI Tasikmalaya, Pejabat daerah setempat dalam hal ini Dinas Kehutanan serta Kepala Desa setempat melaksanakan kegiatan penanaman pohon Mangrove di pesisir Pantai Bojongsalawe.

Adytriya berharap melalui kegiatan WCD 2021 khususnya GenBI Tasikmalaya dan umumnya masyarakat sekitar lebih peduli terhadap lingkungan, khususnya pesisir pantai guna mencegah terjadinya abrasi dan menjaga ekosistem pantai.