Eks Terminal Cilembang dan Harapan Kepentingan Publik

Nov 9, 2023 - 19:25
Nov 14, 2023 - 11:25
Eks Terminal Cilembang dan Harapan Kepentingan Publik

INILAHTASIK.COM | Bupati Tasikmalaya, H. Ade Sugianto, secara tegas menyampaikan harapannya terhadap masa depan eks terminal Cilembang, dengan menekankan pentingnya pemanfaatan area untuk kepentingan publik serta keuntungan ekonomi yang dirasakan oleh Kabupaten Tasikmalaya dan manfaat sosial yang dapat dinikmati juga oleh Kota Tasikmalaya.

"Saya lebih memilih agar area ini dijadikan sebagai fasilitas yang mendukung kepentingan publik dan memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat, ketimbang diubah menjadi mal," ungkap Ade pada Kamis, 09 November 2023.

Dalam pandangannya, penggunaan area ini untuk kepentingan publik diyakini akan merangsang pertumbuhan Usaha Kecil Menengah (UKM), baik di Kota Tasikmalaya maupun di Kabupaten Tasikmalaya. Meskipun ada usulan untuk menjadikannya hotel atau tempat lain, Bupati menegaskan perlunya memberikan kesempatan bagi usaha lokal dalam rencana pengembangannya.

"Meskipun ada yang mengusulkan agar area ini difungsikan sebagai hotel atau pusat perdagangan, saya tetap mendorong adanya peluang bagi usaha-usaha masyarakat lokal," tambahnya.

Lebih lanjut, Ade mengungkapkan preferensinya agar area ini dijadikan bangunan pertemuan yang berkualitas, dengan lantai bawahnya didedikasikan untuk mendukung UMKM dalam mencari rezeki.

Sejak dipindahkannya layanan angkutan umum dari Cilembang ke Terminal Indihiang Kota Tasikmalaya lebih dari 20 tahun yang lalu, belum ada investor yang berani menanamkan modal untuk memanfaatkan aset milik Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya.

Kondisi terbengkalainya bekas Terminal Cilembang saat ini telah menjadi perdebatan di tengah-tengah masyarakat. 

"Perlu pemikiran matang untuk menentukan penggunaan masa depan area ini setelah direvitalisasi," tandasnya.

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow