Ciptakan SDM Berkualitas, Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta - Magelang Magang Bersama Widya Erti Indonesia

Dalam kegiatan ini, para peserta mendapat banyak pembelajaran bagaimana proses  pemasakan nira, bahan bakar yang digunakan, lamanya waktu memasak, hingga alternatif solusi yang dapat digunakan untuk menghemat bahan bakar dan mempercepat proses pemasakan nira.

Ciptakan SDM Berkualitas, Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta - Magelang Magang Bersama Widya Erti Indonesia

KAB. PANGANDARAN, INILAHTASIK.COM | Dalam rangka mencetak SDM berkualitas dan kompeten di bidang pertanian, Widya Erti Indonesia menerima kunjungan Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta - Magelang (Polbangtan YoMa) untuk kegiatan magang pada tanggal 05 - 08 Juni 2022, berlokasi di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Kegiatan magang yang diikuti oleh dosen hingga jajaran tenaga pendidikan ini bertujuan untuk 
menarik minat generasi muda dalam berwirausaha dan menggeluti beberapa profesi di bidang pertanian. 

Guna menguatkan pendidikan dan peningkatan profesionalisme peserta, dalam kegiatan magang ini dilakukan serangkaian agenda kunjungan diantaranya meliputi kunjungan kelompok petani alumni Sekolah Lapang Kelapa Nira (SLKN) binaan Widya Erti Indonesia, kebun percontohan kelapa genjah di daerah Krapyak - Bagolo, dan rumah kompos yang dikelola oleh para petani kelapa nira.

Pada kegiatan magang ini, proses belajar juga dilengkapi dengan agenda diskusi yang berkaitan 
dengan strategi pemberdayaan dan kemandirian petani kelapa nira Pangandaran melalui praktik 
pertanian yang baik dan ramah lingkungan.

Melalui agenda diskusi ini, dijabarkan mengenai potret dinamika Sekolah Lapang Kelapa Nira (SLKN), dimulai dari bagaimana membentuk kelompok petani yang kuat hingga bagaimana menjaga keberlanjutan praktik pertanian yang baik paska program SLKN selesai diimplementasikan.

Selain itu, para peserta magang juga mendapatkan kesempatan untuk melihat langsung bagaimana proses Sekolah Lapang Kelapa Nira (SLKN) berjalan, pemarapan topik, bertukar pendapat, lalu pengamatan di lapangan yang dilanjutkan dengan sesi diskusi kelompok dan presentasi yang membuahkan kesimpulan bersama perihal bagaimana mengambil keputusan dan tindakan dalam meningkatkan produktivitas nira yang lebih baik lagi. 

‘’Saya dan rombongan magang dosen sangat senang sekali bisa belajar SLKN, melihat secara 
langsung petani kelapa bisa belajar bagaimana bisa meningkatkan pengetahuan, sikap, dan 
keterampilan dalam melakukan budidaya kelapa nira dengan baik dan sehingga dapat meningkatkan produksi nira yg ujungnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ujar Sukadi, S.ST,. M.Si, selaku Ketua Program Studi Penyuluhan Pertanian Berkelanjutan Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta – Magelang.

Pengalaman berkesan lainnya yang dihadirkan Widya Erti Indonesia yaitu dengan mengajak para 
peserta magang untuk melihat langsung proses pemasakan nira melakui observasi dapur 
produksinya.

Dalam kegiatan ini, para peserta mendapat banyak pembelajaran bagaimana proses 
pemasakan nira, bahan bakar yang digunakan, lamanya waktu memasak, hingga alternatif solusi yang dapat digunakan untuk menghemat bahan bakar dan mempercepat proses pemasakan nira.

‘’Kami berharap Widya Erti Indonesia dapat lebih banyak lagi membantu masyarkat melalui Sekolah Lapang (SL) yang lain, sehingga banyak petani yg dapat meningkatkan produksinya secara terus 
menerus," tutur Sukadi memberikan harapannya terkait kegiatan magang yang dilaksanakan 
bersama Widya Erti Indonesia.