Bupati Herdiat Resmikan Operasional RSUD Kawali

Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita oleh Bupati Ciamis Drs. H.Herdiat Sunarya MM.

Bupati Herdiat Resmikan Operasional RSUD Kawali

CIAMIS, INILAHTASIK.COM | Grand launching RSUD Kawali akhirnya dilaksanakan pada Senin 10 Januari 2022, sejak pembangunannya di mulai pada 2015 dan beberapa kali pengunduran waktu prersmian karena dampak situasi pandemi covid 19 dan kekurangan dana.

Untuk menyelesaikan pembangunan tersebut, pemkab memberikan suntikan dana sebesar 50 Milyar yang di dapat dari pinjaman BJB Ciamis.

RSUD kawali yang berlokasi di jalan raya kawali cirebon, tepatnya di Dusun Sukajadi, Desa Winduraja kecamatan Kawali dan dibangun di atas tanah seluas 1,4 ha. 

Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita oleh Bupati Ciamis Drs. H.Herdiat Sunarya MM.

Bupati mengatakan bahwa pembangunan RSUD Kawali sangat lambat, hingga memakan waktu 7 tahun dan mengabisakan anggaran dengan total Rp.150 milyar.

"RSOP Ciamis saja yang bangunannya megah bisa selesai dalam 1 tahun"  tutur Bupati Ciamis, Herdiat dalam sambutannya.

Dengan launching RSUD Kawali ini, diharapkan menjadi satu langkah awal dalam layanan kesehatan yang bisa di rasakan manfaatnya oleh masyarakat Kawali khususnya dan seluruh masyarakat Kabupaten Ciamis umumnya.

"Saya mengerti para nakes sangat cape, tapi ketika melayani pasen dengan baik tidak dengan cemberut" ucap  Hediat.

Herdiat tidak perduli dengan kelas RSUD, yang lebih penting adalah RSUD bisa melayani pasien dengan baik.

"Semoga dengan adanya RSUD Kawali ini kualitas layanan kesehatan dan aspek lainnya bisa lebih dekat lagi dengan masyarakat,” katanya.

Dalam sambutannya Herdiat mengucapkan terimakasih kepada seluruh Nakes atas kerja kerasnya dalam menangani covod 19, sehingga membuat Ciamis berada di level 1 dan menurut catatan terahir yang meninggal karena positif covid di Ciamis berjumlah 425 orang.

"Alhamdulillah berkat kerja sama semua elemen masyarakat, nakes di Ciamis yang sudah di vaksin berjumlah 71,56% dari seluruh jumlah penduduk. Sebenarnya RSUD Kawali sudah sudah buka untuk melayani pasen, tapi belum di Publis, karena hanya pasen pasen tertentu yang bisa di layani, karena belum ada keja sama dengan BPJS, itu juga salah satu faktor, kenapa Grand launching beberapa kali di Undur," jelas Herdiat.

Kadinkes Ciamis dr. Yoyo yang turut hadir juga menginformasikan, dari aspek BPJS juga sudah ready dan sudah bekerjasama dengan BPJS Banjar, sehingga bagi masyarakat yang mempunyai BPJS di RSUD Kawali ini bisa digunakan.

"Keinginan berdirinya RSUD Kawali ini sudah sejak 7 tahun terakhir, pembangunan RSUD Kawali ini adalah RSUD type D dan Alhamdulillah saat ini sudah terwujud," ucapnya

Direktur RSUD Kawali, Dr. Yosi dalam sambutannya mengatakan akan memberikan pelayanan yang cepat, tepat dan akurat dan membuat pasien merasa nyaman selama dalam perawatan serta semoga lekas sembuh. RSUD Kawali juga sudah kerja sama dengan BPJS.

"Adapun pelayanan yang sudah ada diantaranya adalah radiologi, lab, igd, icu, anak, vk lebidanan, persalinan,farmasi, gizi juga fasilitas inap," jelas Yosi.

Acara Grand Launching  di hadiri juga oleh Forkopimda Kabupaten Ciamis, dan Forkopin Kecamatan Kawali. dan dhibur oleh group musik salawatan Nurul Falah, Weningsari dan Gondang.*