Wacana Pemekaran Tasik Utara Perlu Dukungan Seluruh Anggota DPRD Kab.Tasik

kajian secara akademik, dukungan dan pandangan seluruh anggota DPRD yang berangkat dari daerah pemilihan (Dapil) tersebut sangat diperlukan.

Wacana Pemekaran Tasik Utara Perlu Dukungan Seluruh Anggota DPRD Kab.Tasik

KAB.TASIK, INILAHTASIK.COM | Dasar awal pemekaran suatu wilayah tentunya harus berdasarkan kebutuhan bukan kepentingan kata Ketua Presidium daerah otonom baru (DOB) Tasikmalaya Selatan (Tasela), Asep Rahmat.

Maka dengan begitu, kajian secara akademik, dukungan dan pandangan seluruh anggota DPRD yang berangkat dari daerah pemilihan (Dapil) tersebut sangat diperlukan.

"Selain kajian akademik, langkah pertama itu harus melakukan diskusi-diskusi dengan seluruh anggota DPRD dari dapil yang berencana akan melakukan mekar, seperti saudara-saudara kita dari Tasikmalaya Utara yang mewacanakan pemekaran kami tentunya men-support," ungkap Asep Rahmat, Jumat 20 Mei 2022.

Kemudian, tambah dia, terkait pemekaran, itu harus merupakan sebuah kebutuhan bukan hanya kepentingan, maka dia menyarankan supaya panitia untuk lebih awal mengajak diskusi dulu para anggota DPRD Kabupaten Tasikmalaya dari dapil 2 dan 3.

"Jadi, bila seluruh anggota DPRD dari kedua dapil tersebut mendukung terhadap pemekaran dan berpandangan sama bahwa itu merupakan kebutuhan, maka tahap selanjutnya untuk melakukan sosialisasi ke masyarakat," tegas mantan anggota DPRD Kabupaten Tasikmalaya ini.

Dia mengatakan terkait statmen Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya, Amy Fahmi itu merupakan langkah yang sudah benar harus diawali dengan melakukan diskusi-diskusi langsung tentang keinginan mekar dan harus berlanjut tidak satu kali.

"Dan dalam setiap diskusi-diskusi yang di gelar nantinya harus melahirkan sebuah kesimpulan bahwa pemekaran di Tasikmalaya Utara merupakan sebuah kebutuhan, bila ada tokoh di eksekutif ajak juga diskusi," ujarnya.

Ia menegaskan dukungan politis sangat berperan penting selain kajian akademik, jadi starting point-nya adalah melakukan diskusi-diskusi dengan seluruh anggota DPRD di dapil Tasikmalaya Utara.