Tim PPM Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta Gelar Pembinaan Literasi Digital

Kegitan ini diselenggarakan di SMP Muhammadiyah I Dayeuluhur, Kecamatan Dayeuhluhur, Kabupaten Cilacap.

Tim PPM Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta Gelar Pembinaan Literasi Digital

CILACAP, INILAHTASIK.COM | Tim Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta mengadakan kegiatan Pembinaan Manajemen Perpustakaan dan Peningkatan Literasi Digital yang diselenggarakan di SMP Muhammadiyah I Dayeuluhur, Kecamatan Dayeuhluhur, Kabupaten Cilacap. Jumat 28 Juli 2022.

Peserta terdiri dari perwakilan guru dari SMP Muhmamadiyah Dayeuluhur I,II,III yang diikuti sebanyak 20 orang. Sharing informasi yang dimulai pukul 09.00 WIB dibagi menjadi dua sesi.

Sesi pertama mengenai kepustakawan yang disampaikan oleh Drs. Tedy Setiadi, M. T dengan judul Peran Perpustakaan Sekolah dalam Peningkatan Mutu pembelajaran Sekolah. Peningkatan mutu sekolah salah satunya dapat diupayakan melalui akreditasi perpustakaan sekolah.
 
Diperlukan pencermatan dan pemahaman mengenai komponen dan bukti fisik yang kelak dapat digunakan sebagai bahan penilaian.

Berlatarbelakang hal tersebut sesi kepustakawanan ini disambung dengan materi mengenai Komponen Akreditasi Perpustakaan SMP/MTS yang dibawakan oleh Pustakawan UAD yakni Nanik Arkiyah, M. IP dan Ana Pujiastuti, SIP.

Sedangkan sesi kedua disampaikan oleh Kepala Bidang Perkaderan Lembaga Pengembangan Studi Islam (LPSI) UAD Hendra Damawan, S. Pd.. M. A dengan judul Fikih Informasi untuk Penguatan Literasi Digital. Tema ini menarik untuk dijadikan landasan dalam pengelolaan informasi supaya terhindar dari berita hoax.

Rusnanto,S.Pd kepala sekolah SMP Muhammadiyah III Dayeuhluhur menyatakan "kegiatan ini sangat bermanfaat bagi sekolah kami sehingga mampu memotivasi pengelola perpustakaan dan menambah literasi informasi bagi guru di SMP Muhammadiyah Dayeuhluhur," ucapnya

Setelah kegiatan, Tedy berujar "PPM UAD ini akan dilanjutkan selain bantuan pengadaan sumber referensi, pelatihan SDM bidang perpustakaan juga pelatihan guru mata pelajaran TIK sehingga mampu meningkatkan kualitas mutu SMP Muhammadiyah Dayeuhluhur I,II,III Cilacap lebih luas kedepannya," tandasnya.(DANI)