Sukapura Basketball Championship 2022, Ajang Memasyarakatkan Bola Basket

Event ini tentu akan menjadi angin segar yang sangat dinantikan masyarakat, karena seperti diketahui bersama dua tahun kebelakang aktivitas terbatasi karena pandemi covid-19.

Sukapura Basketball Championship 2022, Ajang Memasyarakatkan Bola Basket

KOTA TASIK, INILAHTASIK.COM | Kabar gembira bagi pecinta olahraga basket khususnya di Tasikmalaya, Ciamis dan Banjar. Pasalnya ada event kompetisi cabor bola basket pelajar tingkat SD, SMP, SMA/SMK yang siap digelar dalam waktu dekat yaitu Sukapura Basketball Championship (SBC) 2022.

Kompetisi yang diselenggarakan oleh Sukapura Basketball Club ini akan dimulai tanggal 21-28 Mei 2022 yang akan dilangsungkan di GOR Sukapura Kota Tasikmalya. Sedangkan untuk technical meeting pada tanggal 18 Mei 2022 di The Java Coffee, Komplek Ruko Grand Syifa Residence Kota Tasikmalaya.

Event ini tentu akan menjadi angin segar yang sangat dinantikan masyarakat, karena seperti diketahui bersama dua tahun kebelakang aktivitas terbatasi karena pandemi covid-19.

Ketua Pelaksana SBC 2022, M Salim Bhayangkara S.IKom mengatakan bahwa kompetisi ini merupakan ajang memasyarakatkan cabor bola basket yang memang selama ini paradigma masyarakat menganggap bahwa cabor bola baket merupakan olahraga sarat gengsi, elit atau mahal yang hanya bisa dimainkan oleh kalangan masyarakat menengah ke atas.

"Sukapura Basketball Championship 2022 adalah ajang untuk memasyarakatkan basket dan membasketkan masyarakat. Selain itu juga sebagai wadah pembinaan minat dan bakat olahraga bola basket," ungkap M. Salim.

Kompetisi yang disuport Java Medica itu juga mengantongi dukungan dari Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PERBASI) PC Kota Tasikmalaya dan Ikatan Guru Olahraga (IGORA) serta Pemerintah yang memberikan dukungan melalui Disporabudpar dan Disdiknya.

M. Salim menyebut, persiapannya kini sudah mencapai 80 persen dan tinggal menunggu konfirmasi peserta yang kini masih menikmati libur lebaran. 

"Target peserta 16 Tim pada setiap gender dan tingkat pelajar, jadi SMA sederajat dengan 16 tim putra dan 16 tim putri dan seterusnya, namun untuk tingkat SD karena datanya cukup sulit, sehingga jika tidak mencapai 16 tim bisa tetap dilaksanakan minimal 4 tim dengan sistem eksibisi," pungkasnya.

Pada ajang Sukapura Basketball Championship 2022 juga akan dimeriahkan dengan kompetisi 3 (Three) Point yakni setiap orang bisa ikut berpatisipasi untuk memasukan bola di luar garis putih.

Selain itu, ada juga Sport Photography Competition, lomba ini mengajak kepada siapa saja yang hobi dengan fotography untuk memberikan moment foto terbaiknya saat pertandingan berlangsung.