Lapas Kelas IIB Tasikmalaya Gelar Simulasi Pencegahan Kebakaran

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Tasikmalaya laksanakan simulasi penggunaan alat proteksi kebakaran

Lapas Kelas IIB Tasikmalaya Gelar Simulasi Pencegahan Kebakaran

KOTA TASIK, INILAHTASIK.COM | Guna meningkatkan kapasitas dalam menghadapi potensi bahaya kebakaran, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas)  Kelas IIB Tasikmalaya laksanakan simulasi penggunaan alat proteksi kebakaran di Depo Ikan Tasikmalaya pada Selasa 14 September 2021.

Mengingat dalam situasi pandemi, sekitar 25 orang peserta yang mengikuti kegiatan simulasi tersebut mulai dari para pegawai dan satuan keamanan di lingkungan Lapas Tasikmalaya.

Dijumpai Inilahtasik usai kegiatan, Kepala Lapas Kelas IIB Tasikmalaya Davy Bartian  mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan yang wajib diikuti oleh setiap pegawai termasuk satuan keamanan.

"Disamping pengenalan dan cara penggunaan alat pemadam kebakaran dengan kategori ringan yang diberikan secara teori oleh anggota Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Tasikmalaya, dalam kegiatan simulasi ini juga dilakukan praktek langsung cara memadamkan api," ujarnya.

Menurutnya, ilmu atau pengetahuan penggunaan alat proteksi kebakaran yang dilaksanakan dalam kegiatan ini sangatlah penting dan wajib diketahui oleh para pegawai atau petugas keamanan untuk meminimalisir atau pencegahan kebakaran lebih besar.

"Pasalnya, saat terjadi kebakaran tentunya para pegawai akan dihadapkan dengan potensi bahaya kebakaran termasuk resikonya mulai dari kerugian material bahkan bisa menimbulkan kematian," katanya.

Sementara, Kepala Bidang Pemadam Kebakaran Kota Tasikmalaya, Mulyono mengatakan, simulasi ini sebagai salah satu upaya pencegahan kebakaran yang lebih besar yaitu menggunakan Apar.

"Disini kami memberikan materi bagaimana cara menggunakan apar, cara penempatan dan cara menggunkannya, karena jika tidak tepat bisa menimbulkan kebakaran yang yang lebih luas," ucapnya.**