Kapal Pengayoman IV Kemenkumham RI Tenggelam, Dua Orang Tewas

Berdasarkan laporan, Crew yang menumpangi Kapal tersebut yaitu Nahkoda Antoro Subagyo, dua orang ABK, Melda dan Dicky.

Kapal Pengayoman IV Kemenkumham RI Tenggelam, Dua Orang Tewas

PELINDO, INILAHTASIK.COM | Kapal Pengayoman IV milik Kemenkumham RI tenggelam di Alur perairan Cilacap tepatnya di depan Dermaga 6 Pelindo. Peristiwa terjadi pada Jumat 17 September 2021, sekitar Pukul 09.00 WIB.

Berdasarkan laporan, Crew yang menumpangi Kapal tersebut yaitu Nahkoda Antoro Subagyo, dua orang ABK, Melda dan Dicky.

Berdasarkan keterangan saksi, Yefta (Nahkoda KM. Honda) dan Juhari (Tekong Kapal Compreng) kejadian bermula saat pada pukul 09.00 WIB Kapal Pengayoman IV bersandar di Dermaga Wijayapura untuk melaksanakan Loading 2 Truck Tronton bermuatan pasir yang akan diseberangkan menuju Dermaga Sodong guna pembangunan Lapas baru di Nusakambangan.

Saat pelaksanaan Loading Truk ke Kapal, posisi Kapal sudah miring dan hal tersebut sudah disampaikan ke Nahkoda Pengayoman IV, dan pada Pukul 09.05 WIB Kapal Pengayoman IV bertolak dari Dermaga Wijayapura menuju ke Dermaga Sodong. 

Pukul 09.15 WIB, pada saat Kapal akan melaksanakan Cikar ke kiri menuju ke Dermaga Sodong, terbawa arus kencang dan terhempaskan angin yang bertiup dari arah Selatan menuju Utara, sehingga menyebabkan Kapal terbalik ke kanan.

Kemudian, Pukul 10.00 WIB dilaksanakan evakuasi penyelamatan korban dan dibawa menuju ke RSUD Cilacap.

Dapal peristiwa tersebut, sebanyak 2 orang meninggal dunia di TKP yakni atasnama Wahyu (Bendahara Lapas Batu), Kardin (Sopir Tronton). Sementara, 4 orang selamat yang saat ini sedang dalam perawatan di RSUD Cilacap. 

Tim evakuasi pun dikerahkan guna aksi penyelamatan yang terdiri dari KT. Jayanegara 308, Basarnas Cilacap, Speed Pilot Pelindo, Lanal Cilacap, Kodim 0703/Cilacap dan Polres /Satpolair.**