Tips Menghemat Air Saat Kemarau Tiba

Tips Menghemat Air Saat Kemarau Tiba

INILAHTASIK.COM | Sekarang ini sudah banyak orang yang melakukan gerakan mencintai dan peduli alam dengan cara yaitu menghemat air. Berikut cara menghemat air yang inilahtasik.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Mengurangi Siraman
Cara pertama untuk bisa melakukan penghematan air adalah dengan mengurangi siraman pada beberapa aktivitas yang memang menggunakan teknik siraman air. Beberapa aktivitas penyiraman air yang biasa dilakukan manusia adalah aktivitas mencuci kendaraan, menyiram tanaman dan halaman atau juga aktivitas penyiraman pada toilet duduk. Dalam aktivitas ini Kamu tidak boleh menggunakan air secara berlebihan.

2. Memantau Penggunaan Air
Jika Kamu adalah salah satu orang yang ingin menghemat air dengan baik maka untuk Kamu perlu melakukan pemantauan pada penggunaan air di rumah Kamu. Tanpa adanya pemantauan air maka di rumah Kamu bisa terjadi air keran yang meluber di kamar mandi atau di bak penampungan.

3. Mematikan Keran
Salah satu hal yang seringkali membuat sumber daya air ini banyak terbuang sia-sia adalah lupa mematikan keran air. Saat keran air terbuka dan mengelaurkan air, maka memang akan terjadi pemborosan air yang sia-sia. Air yang mengisi tempat penampungan yang sudah penuh, akan membuat air bersih terbuang sia-sia. Dari sini maka target penghematan air yang Anda target pun tak terwujud dan malah membuat Kamu harus terkena tagihan perusahaan air atau listrik yang besar.

4. Memperbaiki Kebocoran
Saluran air dirumah Anda mungkin saja terhubung dengan pipa pipa penyaluran. Nah pada saluran-saluran pipa ini bisa saja terjadi kebocoran yang tidak Anda sangka-sangka. Maka dari itu untuk melakukan penghematan air Anda perlu melakukan pengecekan pada saluran-saluran air tersebut. Apabila Anda menemukan kebocoran pada saluran pipa air tersebut Anda harus segera bergegas untuk memperbaikinya. Dengan segera memperbaiki kebocoran saluran pipa air ini maka penghematan bisa Anda wujudkan dengan baik.

5. Waktu Mandi
Mandi memang merupakan momen yang menyenangkan bagi sebagian orang. Maka saat waktu mandi tiba tak sedikit orang yang menghabiskan waktu yang lama di kamar mandi. Namun tahukah Kamu bahwa dengan terlalu lama berada di kamar mandi maka Kamu akan menghabiskan banyak air.

6. Menggosok Gigi
Menurut penelitian, ada sekitar enam liter air yang akan terbuang percuma dari keran air yang menyala saat seseorang melakukan aktivitas menggosok gigi. Umumnya ketika seseorang menggosok gigi memang mereka menyalakan keran air dan terus menyalakannya meski ia sedang tidak menggunakannya karena sedang menggosok gigi. Dari sini banyak yang tidak menyadari bahwa dirinya sedang membuang-buang air dengan percuma dan sia-sia. Maka dari itu saat menggosok gigi alangkah baiknya Kamu mematikan keran air saat tidak menggunakannya. Dari sini Kamu akan lebih mudah untuk melakukan penghematan dengan baik.**

Baca juga: Manfaat Buah Zuriat yang Jarang Diketahui