Manfaat Buah Zuriat yang Jarang Diketahui

Manfaat Buah Zuriat yang Jarang Diketahui

INILAHTASIK.COM | Buah zuriat berasal dari Mesir, atau lebih tepatnya di wilayah hulu sungai Nil ini juga biasa dikenal dengan sebutan pohon palem Afrika. Dari penampilannya buah zuriat berbentuk bulat dengan ukuran sekitar 5 sampai 6 cm, dan berwarna kuning kecoklatan. Supaya bisa dikonsumsi, buah ini biasanya akan direbus terlebih dahulu untuk mendapatkan ekstraknya. Berikut manfaat buah zuriat bagi kesehatan yang jarang diketahui.

Membantu Menjalani Program Kehamilan
Khasiat kesehatan utama dan paling populer dari buah zuriat adalah mampu meningkatkan kesuburan, baik bagi pria ataupun wanita. Oleh karena itu, bagi pasangan suami istri yang berencana untuk memiliki keturunan dan sedang menjalani program kehamilan, buah ini sangat cocok untuk dikonsumsi.

Menurunkan Risiko Bayi Lahir Cacat
Kandungan lainnya yang melimpah adalah aneka jenis vitamin B, termasuk vitamin B9 atau biasa disebut dengan folat. Bagi ibu hamil, vitamin B9 atau folat ini menjadi salah satu nutrisi yang penting untuk didapatkan karena berguna untuk mencegah calon buah hati terlahir dengan kondisi cacat atau mengidap masalah kesehatan bawaan.

Meminimalisir Dampak Buruk dari Radikal Bebas
Tak hanya itu, zat antioksidan yang terkandung dalam buah zuriat juga sudah lama dipercaya mampu meminimalisir munculnya masalah kesehatan yang dipicu oleh radikal bebas di dalam tubuh. Saat aktivitas radikal bebas dalam tubuh tak terkontrol, hal ini mampu memicu stres oksidatif yang dapat berimbas fatal.

Dijauhkan dari Penyakit Katarak 
Bukan hanya vitamin B9, buah dari timur tengah ini juga kaya akan vitamin B2 atau riboflavin yang melimpah. Dengan mendapatkan nutrisi riboflavin alias vitamin B2 yang cukup, Anda akan terhindar dari risiko terserang penyakit mata berupa katarak. 

Meredakan Sakit Kepala Akibat Migrain
Sakit kepala akibat migrain mampu mengganggu aktivitas yang dilakukan sehari-hari. Nah, saat masalah kesehatan ini muncul, Anda dapat meredakan rasa nyerinya dengan mengonsumsi air rebusan buah zuriat. Manfaat buah zuriat ini berasal dari efek vitamin B2 atau riboflavin yang banyak terkandung dalam buah tersebut.

Membantu Turunkan Kolesterol
Sungguh sayang jika tak membawa buah zuriat saat pulang dari wisata ke negara timur tengah, atau baru saja menjalani ibadah di Tanah Suci. Sebab, Anda jadi tak bisa merasakan manfaat menyehatkan dari buah tersebut untuk menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

Menjaga Jantung agar Tetap Sehat
Berkaitan dengan manfaat sebelumnya, kadar kolesterol yang terkontrol akan secara otomatis membuat kesehatan organ jantung terjaga. Hal ini disebabkan kolesterol tak akan lagi menempel dan mengendap pada dinding pembuluh darah atau arteri dan menyumbat aliran darah. 

Mengatasi Keputihan dan Memperlancar Haid
Menjadi agenda bulanan bagi kaum hawa, siklus kewanitaan atau haid umumnya datang setiap satu bulan sekali. Namun, bagi sebagian wanita, tak jarang siklus haid ini terjadi di waktu yang tak menentu, kadang lebih cepat, kadang pula terlambat.

Mampu Mencegah Osteoporosis
Mengonsumsi buah zuriat secara teratur dan rutin juga dapat menghindarkan Anda dari berbagai macam penyakit yang dapat menyerang tulang. Mengandung kalsium yang tinggi, buah yang juga disebut dengan buah doum ini dapat membantu Anda untuk terhindar dari penyakit osteoporosis. 

Andal Menjaga Kesehatan Organ Hati
Sebuah jurnal medis mengungkapkan jika buah zuriat adalah salah satu dari sejumlah jenis tumbuhan yang memiliki kandungan flavonoid di dalamnya. Karena kandungannya tersebut, buah zuriat mampu memberikan manfaat kesehatan berupa memberikan efek baik bagi organ hati serta mencegah terjadinya kerusakan pada organ tersebut.**

Baca juga: Manfaat Teh Hijau untuk Kesetan Kulit